Revisi UU Perkawinan Disosialisasikan di TMMD Reguler

BREBES – Satgas TMMD bersama KUA Bumiayu memberikan sosialisasi Undang-undang (UU) nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan di kegiatan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, kemarin. Sosialisasi sebagai sasaran non fisik di TMMD reguler itu diberkan kepada warga Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes.

Penghulu KUA Bumiayu, Imam Amsorudin menjelaskan, sasaran edukasi terkait undang-undang perkawinan itu adalah kader posyandu, pemuda dan pemudi, serta ibu rumah tangga. “Kami memberikan materi tentang revisi UU nomor 1 tahun 1974, tentang Perkawinan. Diharapkan, masyarakat akan lebih mengerti dan memahami terkait aturan perkawinan ini,” ujarnya selaku nara sumber sosialisasi.

Menurut dia, dalam undang-undang tersebut menyebutkan, perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 tahun. Untuk revisi baru dari undang-undang itu telah disahkan DPR RI pada 16 September 2019 lalu. Kini dengan adanya revisi itu, baik pria maupun wanita batas usia pernikahannya adalah 19 tahun. Itu akan menjadi sejarah dan terobosan progresif bagi anak Indonesia, sehingga tidak terjadi perkawinan dini dan menambah jumlah keluarga pra sejahtera. “Ini upaya Pemerintah dalam menyelamatkan praktik perkawinan anak yang sangat merugikan anak itu sendiri, keluarga dan negara,” pungkasnya.

(setiawan/red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.