Pekerjaan Rehab RTLH di TMMD Regule Terus Dikebut

BREBES – Pekerjaan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, kini terus dikebut. Setelah dilakukan pembongkaran, saat ini pekerjaan memasuki tahap perbaikan dinding rumah. Pekerjaan itu salah satunya terlihat di rumah milik Sarto (43), warga Dukuh Karanganyar RT. 02 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, kemarin.

Kepala Tim Teknisi Bangunan Kodim Brebes, Peltu Maulana menjelaskan, sebanyak lima unit rumah warga yang mendapat rehab RTLH tersebut. Proses pekerjaannya saat ini telah memasuki perbaikan dinding, setelah sebelumnya tahap pembongkaran bagian atap. Pekerjaan perbaikan lain, nantinya berupa pemasangan dan pengecoran kusen pintu depan rumah.“Kita akan mengganti kusen yang telah keropos dengan yang baru, agar kondisi rumah setelah direhab nanti bagus,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, bagian rangka atap juga akan diganti, termasuk gentengnya sehingga jika musim penghujan tidak bocor. Dalam rehab RTLH satu unit rumah mendapatkan anggaran perbaikan senilai Rp. 10 juta dari Kodim Brebes, selaku pelaksana teknis program TMMD Reguler. “Untuk finishing rumah akan disengkuyung pihak desa dan swadaya masyarakat setempat. Ini karena yang bersangkutan memang keluarga yang kurang mampu,” pungkasnya.

(setiawan/red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.