Dua Pasar di Brebes Ditutup, 1.400 Pedagang Berhenti Jualan Sementara

- Dampak Seorang Pedagang Positif Covid-19

BREBES – Dua pasar tradisional di Kota Brebes ditutup sementara selama tiga hari, menyusul adanya salah seorang pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Langkah ini dilakukan Pemkab Brebes sebagai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut. Dua pasar itu adalah Pasar Induk Brebes dan Pasar Belakang Kodim Brebes. Dampaknya, sebanyak 1.400 pedagang di kedua pasar tersebut terpaksa berhenti berjualan sementara.

“Ya, kedua pasar yang lokasinya berdekatan ini sementara kami tutup selama 3 hari sejak Kamis (24/9) kemarin. Ini sebagai antisipasi kami dalam penyebaran virus corona karena ada salah seorang pedagang yang positif,” terang Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Maryono.

Dia mengungkapkan, di kedua pasar tersebut terdapat sebanyak 1.400 pedagang. Rinciannya, 800 pedagang di Pasar Induk dan 600 pedagang di Pasar Belakang Kodim. Adanya kebijakan tersebut, secara otomatis para pedagang harus terhenti beraktivitas. “Sesuai rencana, kedua pasar ini kami tutup hingga Minggu besok,” tandasnya.

Menurut dia, alasan penutupan kedua pasar tersebut tidak lain karena adanya salah seorang pedagang di Pasar Belakang Kodim yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan, pasien itu dilaporkan telah meninggal dunia. Untuk pencegahan, pihaknya menutup dua pasar selama tiga hari ke depan. “Selama ditutup ini, kami melakukan penyemprotan disinfektan, dan upaya-upaya lain dengan berkoordinasi bersama Gugus Tugas Covid-19,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, ketika pasar kembali dibuka untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak dipungkiri, kesadaran warga dalam melakukan protokol kesehatan masih sangat minim. Terutama dalam mengenakan masker dan menjaga jarak. “Kami berharap pedagang maupun pembeli lebih mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah. Kita harus tetap patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

(setiawan/red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.