Brebes Surplus Beras 168.277 Ton di Tengah Pandemi Covid-19

BUMIAYU- Meski masa sulit karena ada pandemi Covid-19, Kabupaten Brebes masih mengalami surplus beras sebanyak 168.277 ton.

Hal itu disampaikan Bupati Brebes Idza Priyanti pada kegiatan panen dan tanam padi Peringatan Hari Tani Nasional ke-57 Tahun 2020, di Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu, Brebes, Kamis (24/9).”Di masa pandemi Covid 19, hasil panen padi di Kabupaten Brebes mengalami surplus beras sebesar 168.277 ton,” kata bupati.

Menurut bupati, sektor pertanian di Kabupaten Brebes tidak terimbas pandemi Covid-19. Produksi padi yang melimpah menjadi penandanya. Bukan hanya padi, komoditas bawang merah juga melimpah sehingga mampu memenuhi kebutuhan nasional, bahkan ekspor dalam bentuk pasta bawang ke Arab Saudi. ”Saya mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras memajukan pertanian di Kabupaten Brebes. Semoga dapat terus berkembang dan dapat mewujudkan kedaulatan pangan nasional,” paparnya.

Panen dan Tanam Padi yang mengusung tema Pertanian, Andalan Ekonomi Nasional Pada Masa Covid-19 ikut dihadiri dihadiri Dandim 0713 Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan, anggota DPRD Imam Sairi, Asisten IIISekda Brebes, SKPD, camat dan Forkopimca Bumiayu.”Kegiatan ini diharapkan semakin meningkatkan semangat juang petani,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Yuli Hendrawati mengatakan, saat ini kontribusi pertanian Kabupaten Brebes telah memenuhi pangan bagi 1,8 juta lebih penduduk Brebes dan berkontribusi terhadap ketahanan pangan nasonal dengan surplus beras sebesar 168.277 ton sampai dengan September tahun ini.”Sedangkan bawang merah, telah memenuhi lebih dari 30 persen kebutuhan nasional,” paparnya.

Selain panen dan tanam padi, peringatan Hari Tani Nasional ke 57 juga dilakukan panen sayur pekarangan di Kawasan Rumah Pangan Lestari Kecamatan Songgom dan penyerahan alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes.

Pihaknya berharap sektor pertanian Kabupaten Brebes dapat terus meningkat serta turut berkontibusi terhadap pangan nasional.”Sektor pertanian Kabupaten Brebes pada saat pandemi Covid 19 masih tumbuh sebesar 2,13 persen sampai triwulan 2 secara nasional di saat pertumbuhan ekonomi minus 5,32. Sehingga tidak hanya dapat menciptakan ketahanan pangan juga menyelamatkan perekonomian nasioanal,” ungkapnya.(Teguh Tribowo/red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.