Direfocusing, Perbaikan Jalan Balamoa-Bader Diusulkan Kembali di 2021

SLAWI – Imbas wabah Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tegal membuat anggaran perbaikan Ruas Jalan Balamoa-Bader, terpaksa direfocusing. Namun, DPU Kabupaten Tegal kembali mengusulkan anggaran perbaikan jalan penghubung empat kecamatan itu pada tahun 2021 mendatang.

“Sudah dianggarkan tahun ini, tapi kena refocusing,” Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal, Hery Suhartono, Rabu (23/9).

Dikatakan, peningkatan ruas jalan Balamoa-Bader sudah dianggarkan tahun 2020 melalui APBD Kabupaten Tegal sekitar Rp 2 miliar. Namun, awal tahun anggaran tersebut direfocusing untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami mengusulkan anggaran lagi pada APBD Kabupaten Tegal tahun 2021. Nilainya hanya Rp 1 miliar. Kami berharap anggaran itu dapat digunakan untuk peningkatan jalan di ruas Balamoa-Bader,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Tegal yang berdomisili di wilayah Kecamatan Tarub, Kholifah menuturkan, kerusakan jalan Balamoa-Bader terparah mulai dari Desa Karangjati, Desa Kebandingan hingga Desa Karangmalang. Aspal jalan sudah mulai mengelupas dan membentuk kubangan besar. Praktis, setiap turun hujan, lubang jalan digenangi air dan mengakibatkan pengendara roda dua terperosok.

“Jalannya sudah rusak. Ini harus segera diperbaiki,” kata Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu.

Dia mengemukakan, ruas jalan tersebut merupakan akses penghubung antara Kecamatan Pangkah, Tarub, Suradadi dan Warureja. Setiap hari, mobilitasnya sangat tinggi. Bahkan, jalan tersebut acap kali digunakan untuk jalur tikus bagi pengendara yang menuju ke Jalur Pantura. Tak terkecuali juga untuk akses perekonomian, pendidikan dan pertanian.

“Sebentar lagi musim hujan, pasti jalannya semakin rusak. Kami berharap untuk segera diperbaiki,” pungkasnya. (Wiwit-red03)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.