Terpapar Covid, Dua Warga Sumurpanggang Meninggal

0 14

TEGAL – Dua warga Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal terkonfirmasi meninggal dunia akibat Covid. Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Sri Primawati melalui Kabid P2P, Siti Halamah, Rabu (16/9) siang.

Pasien pertama berinisial TU (38) merupakan warga Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan yang tinggal di Kelurahan Sumurpanggang. Dia sempat mendapat perawatan di RSUD Brebes pada 3 September 2020, lantaran ditemukan jatuh di bawah Jembatan Kaligangsa perbatasan Brebes-Tegal.

Pada 4 September 2020, TU menjalani pemeriksaan swab dan pada 8 September 2020 hasilnya keluar dengan keterangan positif Covid. Kemudian, oleh petugas medis dia dianjurkan untuk menjalani perawatan isolasi mandiri di rumah.

“Setelah isolasi mandiri, pada Selasa (15/9) TU memeriksakan diri ke Puskesmas Bandung dengan keluhan kaki bengkak. Dia dirujuk ke RS Mitra Keluarga, namun di sana ruang perawatan penuh sehingga dilarikan ke RSUD Kardinah Kota Tegal,” ungkap Halamah.

TU masuk ke IGD Kardinah Selasa siang sekitar pukul 12.00 WIB dengan kondisi batuk, pusing dan panas. Nahas, selama kurang lebih 60 menit mendapat penanganan, TU menghembuskan nafasnya yang terakhir.

“Dia dimakamkan dengan prosedur pemulasaran Covid di TPU Sumurpanggang, Selasa malam,” pungkasnya.

Ditambahkan Halamah, warga Sumurpanggang yang meninggal akibat Covid berikutnya yakni TO (53). Hasil pemeriksaan swab menunjukkan positif, saat TO menjalani perawatan di RSUD Kardinah pada 8 September 2020 dengan keluhan panas, sesak nafas dan batuk.

TO kemudian kembali menjalani pemeriksaan swab kedua pada 14 September lalu. Namun, selama menunggu hasil swab keluar dan ditangani petugas medis, TO bernasib lain. Dia meninggal dunia pada Rabu, 16 September 2020 pukul 00.30 WIB.

“Pasien TO dimakamkan sesuai prosedur pemulasaran jenazah Covid di TPU Ragasela, dengan dihadiri perwakilan pihak keluarga dan tetap menggunakan protokol kesehatan,” kata Halamah.

Sementara, berdasarkan data corona.tegalkota.go.id, kasus terkonfirmasi di Kota Bahari, Rabu (16/9) telah mencapai 69 kasus positif. Adapun rinciannya lima menjalani perawatan, 13 isolasi mandiri, 43 sembuh dan delapan orang meninggal. (Haikal/ red10)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.