Tembus Daerah Terisolir, Buka Jalan Sepanjang 1,67 KM TMMD Reguler Kodim Brebes

0 5

BREBES – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler 109 Kodim 0713 Brebes, yang dipusatkan di Desa Kalinusu Kecamatan Bumuayu, Brebes, akan membuka akses jalan bagi daerah terisolir sepanjang 1,67 kilometer (KM). Jalan yang dibangun itu akan menghubungkan Dukuh Kedung Kendir yang selama ini terisolir, dengan pusat Pemerintahan Desa Kalinusu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Pemkab Brebes, Subagiyo mengatakan, dalam tahap Pra TMMD yang dimulai 15 Agustus 2020 lalu, pekerjaan pembangunan jalan sepanjang 1.670 meter lebar 4-6 meter (RAB), benar-benar akan segera membuka salah satu pedukuhan di Desa Kalinusu yang selama ini warganya terisolir. Yakni, Dukuh Kedung Kandri. Warga dipeduluhan itu, untuk menuju pusat desa harus menyeberang Sungai Pemali dengan rakit. Selain itu, ada jalan lain tetapi warga harus memutar melewati sejumlah desa di wilayah Kecamatan Bantarkawung, yang merupakan daerah tetangga.

“Pembangunan jalan ini, akan membukan daerah yang terisolir. Ini juga akan berdampak pada perekonomian warga, karena bisa menekan biaya angkut hasil panen, khususnya bagi 100 KK di Dukuh Kedung Kandri,” ungkapnya saat meninjau lapangan bersama Dandim 0713 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, kemarin.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya mewakili Pemkab Brebes mengapresiasi trobosan yang dilakukan TNI dalam pembangunan infrastruktur untuk membuka daerah-daerah terpencil. Apalagi, dari target pembukaan jalan sepanjang 1,67 km bertambah panjang menjadi 2,2 km. “Ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Kami benar-benar mengacungi jempol atas upaya TNI melalui program TMMD ini,” tandasnya.

Sementara Dandim 0713 Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan mengatakan, pembukaan jalan baru menuju Dukuh Kedung Kandri sangat direspon warga setempat. Bahkan, warga secara sukarela merelakan tanah miliknya dipakai untuk pelebaran jalan demi kepentingan bersama. “Ini merupakan bukti respon warga yang luar biasa,” katanya.

Dalam proses pembangunan jalan tersebut, satu unit excavator milik Kodim 0713 Brebes nampak melakukan aktivitas membuka lahan sawah milik warga setempat, untuk dijadikan jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Serma Tarsono, operator alat berat Kodim Brebes menuturkan, proses pembukaan lahan untuk jalan itu sudah dilaksanakan mulai pertengahan Agustus atau pada awal pra TMMD reguler 109 Kodim 0713 Brebes. “Selain membuka jalan setapak sepanjang kurang lebih 1 kilometer dari titik nol jalan TMMD, pekerjaan ini juga menguruk dan memadatkan lahan sawah warga untuk jalan menuju Dukuh Kedung Kandri,” pungkasnya.

(setiawan/red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.