Kepala Inspektorat dan Staf Dinpermades Brebes Positif Corona

- Ditracking, Puluhan ASN Jalani Rapid Swab

0 90

BREBES – Kepala Insperktorat Kabupaten Brebes, Sri Teguh Pambudi dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (15/9). Selain itu, seorang staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Pemkab Brebes yang berstatus ASN juga dinyatakan positif Covid-19.

Kasus ini merupakan kasus positif Covid-19 kedua, yang terjadi di kalangan pejabat di Pemkab Brebes.  Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Brebes Moh Taufik juga dinyatakan positif corona.

Sementara untuk mengantisipasi penyebaran, Dinas Kesehatan Pemkab Brebes melakukan upaya tracking di kedua instansi pemerintah daerah tersebut. Sebanyak 52 karyawan di Inspektorat Brebes langsung menjalani pemeriksaan rapid swab. Di samping itu, mereka juga mendapatkan sosialisasi terkait pencegahan penyebaran virus corona.

Kepala Inspektorat Brebes dinyatakan positif dari hasil uji swab yang dikeluarkan RSUD Brebes, Selasa pagi. Pasien kemudian langsung di bawa ke RSUD Brebes untuk diisolasi dan mendapatkan perawatan. Sedangkan staf Dinpermades Pemkab Brebes, atas nama Dian (48), diketahui positif dari hasil uji swab di salah satu rumah sakit swasta di Brebes, dan pasien kini di rumah sakit swasta tersebut.

“Kepala Inspektorat dinyatakan positif tadi pagi (kemarin-red), dari hasil swab di RSUD Brebes. Yang bersangkutan saat ini sudah dirawat di RSUD Brebes. Sedangkan untuk staf Dinpermades ini awalnya dirawat di rumah sakit swasta di Brebes, saat di ambil swab ternyata hasilnya positif dan dilaporkan ke kami,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Brebes, dr Sartono, Selasa (15/9).

Dia mengungkapkan, Kepala Inspektorat Brebes itu diketahui sudah mengalami gejala sakit sejak minggu lalu. Terakhir, yang bersangkutan berangkat ke kantor pada Rabu minggu lalui. Kemudian, pada Kamis hingga sekarang sudah tidak masuk kantor. “Jadi, pasien ini memang sudah ada gejala sakit,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran, lanjut dia, pihaknya kini melakukan tracking terhadap keluarga dan dua instansi tempat mereka bekerja. Bahkan, di Kantor Inspektorat pihaknya melakukan pengambilan sample rapid swab terhadap 52 karyawan. Pihaknya juga melakukan sterilisasi terhadap kedua kantor tersebut dengan penyemprotan desinvektan. “Hari ini, sebanyak 52 karyawan di Kantor Inspektorat kami rapid swab. Selanjutnya upaya ini kami lakukan di Dinpermades,” terangnya.

Disinggung terkait kondisi Ketua DPRD Brebes, Moh Taufik yang juga positif Covid-19, Sartono menjelaskan, yang bersangkutan saat ini berkembangan kesehatannya sangat baik. Meski masih dirawat, tetapi pasien sudah tidak mengeluh sesak dan selera makannya juga meningkat. “Tadi pagi, saya berkomunikasi dengan Pak Ketua Dewan. Saat ini kondisinya sudah sangat baik. Namun yang bersangkutan masih kami pantau dan rawat dalam 14 hari kedepan,” pungkasnya.

(setiawan/red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.