Jalan TMMD Reguler Jadi Modal Majukan Eduwisata Kandang Pelangi Maribaya

0 29

BREBES – Proyek pembuatan jalan dalam giat Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, akan menjadi modal besar dalam upaya memajukan Eduwisata Padang Penggembalaan Ternak “Kadang Pelangi” di Pedukuhan Maribaya, desa setempat. Sebab, dibukanya akses jalan menuju kawasan pengembalaan ternak tersebut akan memudahkan transportasi bagi peternak, terutama dalam memasarkan hasil ternaknya.

Pada TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018 lalu, di Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, telah dibangun badan jalan alternatif ke-2 menuju Eduwisata Padang Penggembalaan Ternak di Dukuh Maribaya (Eduwisata Kandang Pelangi), Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, sepanjang 1.250 meter lebar 4 meter. Pada program TMMD Reguler 109 Brebes, rencananyan juga akan membuka jalan baru sepanjang 1,6 kilometer dengan lebar jalan antara 4-6 meter. Pembangunan jalan itu menuju Pedukuhan Maribaya yang nantinya akan membuka bukit, dan direncanakan menjadi akses alternatif ke-3 menuju Eduwisata Kandang Pelangi Maribaya.

“Saat ini jalan utama menuju Eduwisata Ladang Penggembalaan Ternak di Dukuh Maribaya, kondisinya rusak cukup parah. Sehingga rencana adanya alternatif jalan ketiga dari jalan TMMD Reguler menuju Dukuh Maribaya akan menjadikan pilihan baru bagi para wisatawan yang akan berkunjung,” ujarnya Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes, drh Ismu Subroto, Selasa (15/9).

Dia mengatakan, phaknya sangat mengapresiasi upaya Pemkab Brebes, dalam membuka jalan baru yang juga direncanakan sebagai akses alternatif ke-3. Yakni, dari pertengahan jalan TMMD Reguler 109 Brebes sepanjang 1,6 kilometer lebar 4-6 meter, membelah bukit menuju Maribaya. Apalagi, keberadaan Eduwisata Kandang Pelangi merupakan potensi besar yang dimilik Kabupaten Brebes. “Jelas, kami menantikan adanya program pembangunan infrastruktur lanjutan dari jalan TMMD Reguler saat ini menuju Eduwisata Kandang Pelangi, sehingga manfaat ekonomi dari jasa pariwisata, juga dapat dirasakan 150 KK di Dukuh Maribaya,” pungkasnya.

(setiawan/red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.