Tiga Pelaku Pembobol Brankas Koperasi Diringkus

0 10

BREBES – Tim Gabungan Polsek Wanasari, Resmob Satresreskrim Polres Brebes dan Polda Jateng berhasil meringkus tiga pelaku pembobolan brangkas milik Koperasi Swamitra Klampok Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, kemarin. Para pelaku itu ditangkap di tempat persembunyiannya di Babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Akibat kejadian itu, pihak koperasi menderita kerugian uang tunai yang tersimpan didalam brankasnya sebesar Rp 40.7 juta lebih. Pengrebekan para pelaku itu dipimpin Kanit I Satreskrim Aiptu Titok Ambar Pramono. Para pelaku tak bisa berkutik saat polisi menerobos masuk ke rumah yang dijadikan tempat persembunyianya.

Ketiga pelaku adalah Slamet (43) dan Imam (21), keduanya warga Cilincing, Jakarta Utara. Kemudian, Kusno (55) warga Banjarharjo Brebes. Dari tangan pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, satu buah potongan besi penyangga brangkas, telepon genggam dan beberapa pakaian.

“Para pelaku ini ditangkap tim gabungan gabungan Polda Jateng, Resmob Polres Purworejo, dan unit reskrim Polsek Wanasari,” kata Kasatreskrim Polres Brebes, AKP Agus Supriyadi, kemarin.

Dia mengatakan, anggota Resmob Polres Purworejo ikut terlibat dalam penangkapan itu, karena para pelaku tidak hanya beraksi di Brebes. Mereka juga pernah beraksi di Purworejo dan beberapa kota di Jateng lainnya. “Aksi pembobolan para pelaku itu terjadi pada 13 Juli 2020. Setelah dilakukan penyelidikan, kami berhasil mengetahui lokasi para pelaku ini, dan langsung melakukan penyergapan. Mereka kami tangkap di sebuah rumah di Desa Kudu Keras, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebob, Jawa Barat,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, modus operandi para pelaku itu, masuk dengan mencongkel pintu depan koperasi mengginakan linggis. Selain uang tunai dalam brankas, pelaku juga membawa kabur BPKB mobil yang tersimpan di dalam brankas. “Akibat ulah para pelaku ini, mereka kami jerat pasal pencurian dengan peberatan dan diancam hukuman di atas 5 tahun penjara,” pungkasnya.

(setiawan/red2) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.