Ngobrol Santai Menjadi Barista Yang Baik

0 19

BARISTA saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang mulai banyak diminati anak muda di kota kota besar di Indonesia. Namun apakah kalian tahu, bahwa menjadi barista atau tukang seduh kopi tidak semudah yang dilihat dan dibayangkan. Untuk bisa menjadi seorang barista yang baik, harus memiliki ilmu tentang kopi dengan baik mereka dituntut terus berlatih secara rutin. Bahkan tidak hanya itu, mereka harus piawai dalam berkomunikasi dengan konsumen, sebab hal itu menjadi salah satu kunci keberhasilan seorang barista. Jika kamu yang ingin memulai menjadi barista dan beranggapan pekerjaan barista sangat mudah, hanya menuangkan air seduhan dan jadilah secangkir kopi, ini salah besar.

Untuk menyeduh kopi pun banyak pertimbangannya, wawasan seorang barista harus luas berkaitan dengan biji kopi dan alat seduh kopi. Mempertimbangkan rasio air berbanding bubuk kopi, seberapa suhu panas air seduhan yang potensial dan bagaimana teknik menyeduh kopi dengan alat kopi tertentu.Untuk menyajikan kopi dengan nikmat perlu perhitungan yang teliti, dari mulai memahami biji kopi, mengerti alat kopi yang digunakan, dan bagaimana teknik menyeduh kopi yang optimal. Maka selanjutnya, menentukan resep kopi agar sajian kopi tetap konsisten ketika diseduh dan disajikan kepada pelanggan. Namun seorang barista bukan hanya membuat kopi, barista harus dan kadang memang diharuskan untuk mampu berkomunikasi dengan banyak orang. Kemampuan komunikasi yang baik akan menunjang karir seorang barista dalam menarik langganan dan juga boss, jika dia seorang pegawai.

“Salah satu hal perlu dilakukan oleh seorang barista saat berhadapan dengan konsumen yaitu harus bisa membangun komunikasi dengan mereka. Apalagi konsumen datang sendiri dan duduk di meja bar, kita harus menyapa dengan baik dan sopan, sambil diajak komunikasi,” ujar Sugeng, dari Bang Coffee salah satu pemateri saat acara ngobrol santai di Uttara Coffee, baru baru ini.

Dalam acara tersebut hadir puluhan barista dari berbagai kedai kopi di wilayah Kabupaten Pemalang. Perkembangan kedai kopi di Pemalang cukup pesat dalam dua atau tiga tahun terakhir. Mereka yang terjun dalam bisnis tersebut sebagian anak muda, sebab mereka cukup jeli dalam membidik pasar. Dalam kesempatan ngobrol santai yang dipandu oleh Gideon Kurniawan atau akrab di panggil Dion dari Elgibon Coffee. Selain masalah komunikasi, juga disinggung tentang cara menghormati standar operasional barista lainnya.(Joko Widodo/Red_03)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.