Pentas Anak Hebat Berhasil Menyelesaikan Petualangannya

TEGAL – Sabtu, 8 Agustus 2020, pukul 16.00, telah terselenggara pentas daring drama musikal anak berjudul “Petualangan Anak Hebat” via streaming youtube.

Pentas yang digelar di Taman Budaya Kota Tegal ini dipersembahkan oleh Dewan Kesenian Kota Tegal, Teater Qi, dan Spasi Creative Space. Keduabelas pemain yaitu : Jovelyn, Luna, Eliza, Kenzie, Zivanna, Tirta, Melody, Una, Ratu, Echa, Dedi, dan Dieva berhasil menarik perhatian.

Terlihat dari kolom komentar, tak kurang dari seratus orang telah meninggalkan komentar positif. Bahkan, di malam yang sama, viewers telah mencapai dua ribu penonton.

Dimainkan selama kurang lebih 22 menit, drama musikal ini berkisah tentang petualangan sekelompok anak yang kemudian menemui konflik hingga akhirnya mereka tersesat. Tak canggung berhadapan dengan setidaknya empat mata kamera, anak-anak sangat menikmati panggung mereka. Semua pemain luwes dalam berakting, menari, sekaligus menyanyi beberapa lagu, seperti : Berkumpul Bergembira dan Pemandangan karya AT Mahmud, Burung Kutilang karya Ibu Sud, hingga Bunda karya Melly Goeslaw. Kendala teknis juga berhasil dikuasai anak-anak menggunakan teknik improvisasi yang sangat apik.

Anak-anak menyanyi diiringi aransemen musik oleh Bintoro Tanpa Aran dan PJ Kancil. Kemampuan vokal semua pemain diolah oleh Eka Titi Andaryani, S. Pd., M. Pd. Tak ketinggalan, anak-anak juga unjuk kelincahannya berkat arahan koreografer Marlinda Eka Fitriana. Secara visual, tim Jala Perupa Tegal berhasil menyuguhkan set panggung yang sangat berkesan, menguatkan naskah yang ditulis oleh Riandini Tri Astuti.

Yono Daryono, selaku Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal memberi tanggapan atas pementasan drama musikal anak ini, “Anak-anak Tegal tidak pernah menyaksikan sastra panggung bermuatan cerita yang memiliki nilai mendidik. Di tengah kelangkaan tersebut, di masa pandemi covid-19, hadir drama musikal berjudul Petualangan Anak Hebat yang disutradarai oleh Rudi Iteng. Hal ini memberi hiburan positif”.

Menurutnya, “Bukanlah kerja ringan untuk menggarap drama yang dimainkan oleh anak-anak. Tentu membutuhkan ketelatenan ekstra untuk mengarahkan anak-anak yang cenderung berkeinginan untuk bermain dan bermain. Maka, sangat tepat pentas ini diarahkan untuk bergembira, kreatif, sekaligus dramatik karena sungguh drama musikal tidak hanya melatih motorik anak, tapi juga menggabungkan sedikitnya tiga talenta, yakni menyanyi, menari, dan akting.”

Wicaksono Wisnu Legowo selaku produser drama musikal sekaligus founder Spasi Creative Space berharap akan ada dan terus berkembangnya teater anak, khususnya di Kota Tegal. Selain mengingat bahwa Tegal adalah kota teater, pendidikan teater juga dirasa sangat penting bagi anak untuk membentuk karakter, mengembangkan imajinasi dan kreativitas, melatih mental, hingga belajar bekerja sama dan bertanggung jawab. Semoga, drama musikal Petualangan Anak Hebat menjadi sebuah hiburan dan sekaligus pendidikan bagi banyak pihak.

Kesuksesan pentas ini juga turut didukung oleh Panggung Kahanan dan media partners : Radio Sebayu FM, Radar Tegal, Info Tegal, Dolan Tegal, Ayo Tegal, Pantura Post, SM Pantura. Drama musikal Petualangan Anak Hebat dapat dinikmati di kanal youtube Dewan Kesenian Kota Tegal.(Wawan Hoed/red1)

Tegal, 9 Agustus 2020

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.