Pemberdayaan Masyarakat Harus Jadi Prioritas

* Pemdes Kalisumur-LPK Duta Kasih Bunda Gelar Pelatihan Tata Boga

0 73

BUMIAYU– Peningkatan Kapasitas Masyarakat dengan fokus kegiatan pelatihan pembuatan olahan makanan ikan lele yang dilaksanakan Pemerintah Desa Kalisumur bersama LPK Duta Kasih Bunda Bumiayu, Brebes, berlangsung sukses.

Delapan peserta yang seluruhnya ibu rumah tangga kini sudah mahir membuat aneka ragam olahan makanan dari ikan lele mulai dari nugget, brownies, kerupuk dan rambak lele. Produk mereka dipuji oleh Tim Pendamping Desa dan Praktisi Pemberdayaan Masyarakat saat melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan tersebut, Kamis (6/8).

“Ini luar biasa. Produk olahan makanan dari ikan lele ini berpotensi menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata M Fathurrohman, Praktisi Pemberdayaan Masyarakat yang bekerja di Kementerian Desa (Kemendes) RI.

Oleh karenanya, Fathurrohman meminta pemerintah desa dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menindaklanjuti pelatihan tersebut.”Pelatihan ini jangan hanya menghasilkan produk olahan makanan saja lalu berhenti. Tapi harus ditindaklanjuti dengan bagaimana kesiapan bahan baku, packaging (kemasan) dan pemasarannya,” katanya.

Fathurrohman menegaskan, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi sudah saatnya menjadi prioritas pembangunan untuk memandirikan desa. Dia mencontohkan Desa Cisayong di Tasikmalaya yang mengucurkan dana desa ke BUMDes untuk membangun lapangan sepak bola bertaraf internasional yang kemudian disewakan ke sejumlah klub.”Desa itu sekarang memiliki pendapatan yang luar biasa,” ujarnya.

Direktur LPK Duta Kasih Bunda Zaenal Arifin mengatakan narasumber dalam pelatihan pembuatan olahan makanan ikan lele merupakan ahli tata boga yang memiliki sertifikat kompetensi di bidangnya. Dia menegaskan, LPK Duta Kasih Bunda siap bermitra dengan desa dalam program pemberdayaan masyarakat.”Jenis kegiatannya menyesuaikan dengan potensi yang dimiliki masing masing desa,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Kalisumur H Basuni mengatakan, para peserta pelatihan diharapkan dapat menggunakan keahliannya untuk meningkatkan ekonominya. Pemdes juga akan menindaklanjuti hasil pelatihan tersebut bersama dengan BUMDes.(Teguh Tribowo/ red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.