MJ Ajak Taruna PKTJ Jadi Relawan Mandiri Covid-19

0 55

TEGAL – Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi meminta kepada taruna taruni Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) menjadi relawan mandiri Covid-19, guna menjaga status Kota Tegal dari zona hijau.

Demikian disampaikan Jumadi, saat menghadiri Webinar Series PKTJ 2020 dengan tema ‘Adaptasi Kebiasaan Baru di Kehidupan Kampus Perguruan Tinggi di Lingkungan BPSDMP Kementerian Perhubungan’ di Kampus PKTJ Tegal, Kamis (9/7) siang.

Menurutnya, beberapa tahapan telah dilalui Kota Tegal dalam menuju zona hijau saat ini. Mulai dari pemberlakuan Local Lockdown, Isolasi Wilayah dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dua tahap.

“Mungkin para taruna taruni bisa menjadi relawan mandiri Covid. Minimalnya mengantisipasi penyebaran Covid di kampus dan di lingkungan keluarga pada saat nanti pulang,” harapnya.

Selain itu, Jumadi juga mengenalkan Jakwir Pentol. Dimana Jakwir Pentol itu berarti teman yang baik, pertemanan adalah pendekatan sikap dengan keterbukaan (berteman dengan Covid-19). Pentol artinya hebat. Teman yang baik selalu menguatkan dan terbuka dengan tatanan kehidupan baru New Normal.

Sementara, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengharapkan para taruna taruni PKTJ dapat terus berdisiplin dalam mematuhi himbauan pemerintah serta menjadi garda terdepan agen keselamatan transportasi dan melaksanakan sosialisasi keselamatan transportasi.

Termasuk pula meningkatkan kompetensi dan penguasaan teknologi informatika, cerdas dalam bersosial media dan meningkatkan inovasi dan kreativitas.

Menjaga kesehatan diri dan lingkungan, berolahraga agar tetap sehat dan mematuhi anjuran pemerintah protkes. Mengurangi aktivitas di luar kampus serta jaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Saya yakin para adik-adik taruna disiplin. Apalagi selama menempuh pendidikan semi militer sudah banyak mengenyam kedisiplinan. Tinggal bagaimana sekarang ini kembali ditingkatkan,” bebernya.

Tak hanya itu, Taj Yasin juga meminta para taruna taruni menjadi teladan dalam penggunaan transportasi publik. Memakai masker saat menggunakan transportasi publik, menerapkan physical distancing di dalam angkutan umum dan menjaga kebersihan saat di halte, terminal dan di dalam angkutan.

Terpisah, Kepala BPSDM Perhubungan, Sugihardjo menyatakan sepakat dengan Wakil Wali Kota Tegal untuk menjadikan para taruna sebagai relawan mandiri Covid. Sebab, melalui wadah tersebut taruna dapat berbuat lebih, menjadi karya nyata dan berperan aktif dalam mencegah penularan Covid. (Haikal/ red10)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.