Persiapan New Normal, OW Mangrovesari Uji Coba Protokol Kesehatan

0 96

BREBES – Pengelola Obyek Wisata (OW) Mangrovesari di Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan/Kabupaten Brebes melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan Covid-19, Kamis (25/6). Simulasi itu dilakukan secara mandiri dalam upaya persiapan adanya penerapan new normal.

Pengelola OW Mangrovesari, Mashadi mengatakan, meski saat ini obyek wisatanya masih ditutup karena covid-19, tetapi para pengelola melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan bagi warga yang nantinya berkunjung. Simulasi dilakukan agar pengelola memahami dalam penerapan protokol kesehatan bagi pengunjung. “Uji coba ini kami lakukan secara mandiri di internal pengelola. Uji coba itu sudah dilakukan sejak Senin lalu, dan ini akan terus kami simulasikan. Sehingga saat penerapan new normal, para petugas obyek sudah siap,” ujarnya, Kamis (25/6).

Dia mengungkapkan, dalam simulasi itu semua aturan protokol kesehatan diterapkan. Di antaranya, pengunjung wajib memakai masker, wajib cuci tangan dan wajib jaga jarak. Kemudian, jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal 250 orang. Nantinya dalam pembatasan jumlah pengunjung, pengelola akan menerapkan sistem tunggu. Artinya, ketika saat ini jumlah pengunjung sudah terpenuhi 250 orang, maka pengunjung lain harus menunggu di pintu masuk. Mereka bisa masuk setelah ada pengunjung lain yang keluar obyek wisata. Tak hanya itu, di dermaga perahu juga diterapkan jaga jarak dan pembatasan penumpang. “Untuk perahu pengangkut pengunjung ini juga kami batasi. Yakni, dari semula 40 orang, kini paling banyak mengangkut 15 orang, ” terangnya.

Menurut dia, surat pengajuan izin kepada pemerintah daerah untuk pembukaan obyek wisata juga sudah disampaikan. Namun sampai sekarang belum keluar. “Secara teknis, kami sudah siap untuk new normal. Namun kami masih menunggu izin dari Pemkab untuk dibuka kembali wisata ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pendemi covid-19 sangat berdampak terhadap usaha OW Mangrovesari. Sedah 4 bulan ditutup, dan tidak memperoleh pendapatan sama sekali. Pengeluaran justu ada untuk perbaikan fasilitas. Bahkan, beberapa fasilitas untuk new normal juga saat ini sudah siap, seperti tempat cuci tangan, bilik antisepti hingga alat semprot desinfektan. Nantinya setiap kendaraan yang masuk OW akan disemprot desinfektan. Mobil ambulan dan ruang kesehatan juga sudah siap. “Kita tinggal nunggu saja izin dari Pemkab Brebes, agar OW bisa dibuka. Kami harapkan bisa segera dibuka, meski harus dengan protokol kesehatab,” pungkanya.

(Setiawan-red2) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.