Positif Covid-19, Satu Keluarga Terpaksa Dirawat di RSUD Brebes

0 1.810

BREBES – Satu keluarga asal Desa Kubangjati, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, kini terpaksa menjalani perawatan intensif di RSUD Brebes. Keluarga beranggotakan Pasangan suami istri dan seorang anak tersebut dirawat lantaran terkonfirmasi positif virus korona (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes, dr Sartono melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Imam Budi Santoso menjelaskan, satu keluarga itu terpapar karena penularan transmisi lokal. Berawal suaminya pemudik yang pulang kampung dan menjalani perawatan terlebih dahulu akibat terpapar Covid-19. “Saat ini satu keluarga ini masih menjalani perawatan di RSUD Brebes. Secara umum, kondisinya cukup baik dan diharapkan terus berkembang membaik,” ujarnya.

Menurut dia, selain pasien satu keluarga tersebut, saat ini ada 8 pasien lainnya. Lima pasien di antaranya di rawat di RSUD Bumiayu dan tiga pasien dikarantina di Islamic Center Brebes. “Dari semula total pasien positif di Brebes ada 30 orang, sekarang sudah sembuh 19 dan sisanya 11 orang masih dalam perawatan, ” terangnya.

Terakhir, kata dia, ada sebanyak empat pasien positif yang dinyatakan sembuh. Yakni, 2 orang di RSUD Bumiayu, 1 orang di RSUD Brebes dan 1 orang yang dikarantina di Islamic Center Brebes. Itu termasuk satu orang pemudik asal Tanjung yang sempat kabur dan sekarang sudah sembuh, karena hasil dua kali swabnya negatif. “Mereka yang sembuh ini sekarang sudah pulang ke rumah masing-masing, dan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, ” sambungnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, tim gugus tugas juga sudah melakukan rapid test secara masal di seluruh wilayah Brebes. Sebanyak 355 sample warga di rapid test, di ambil dari pusat keramaian warga seperti pasar dan mall. Di wilayah Brebes selatan jumlah yang di rapid test sebanyak 120 orang diambil acak. Hasilnya, 9 orang di antaranya reaktif dan akan ditindaklanjuti dengan pengambilan swab. Sedangkan sisanya sebanyak 235 orang di wilayah Brebes utara dan tengah di rapid test, hasilnya non reaktif semua.

“Kalau secara umum, penyebaran Covid-19 di Brebes ini tidak segnifikan. Indikasinya, penularan terjadi tidak melonjak dan terhadap orang yang mempunyai riwayat kontak dengan pasien positif sebelumnya. Namun kami tetap waspada dan terus melakukan antisipasi,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.