Pendekatan Religius Bisa Digunakan Penanganan Covid-19

0 216

PEMALANG – Pendekatan religus bisa digunakan dalam penanganan Covid-19. Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Masjid Agung Nurul Kalam, Pemalang, Dr Muntoha SH MHum.

 

Dia menghimbau agar Pemerintah Kabupaten Pemalang tidak hanya melakukan upaya medis saja dalam penanganan Covid-19 sebab yang tidak kalah penting adalah pendekatan secara religius yakni meminta pertolongan pada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Menurutnya dalam penanganan Covid-19 sebenarnya pemerintah daerah sudah melakukannya secara maksimal, mulai dari memberikan edukasi secara terus menerus kepada masyarakat, melakukan pengobatan bersama tim medis, maupun melakukan berbagai pengaturan antara lain sosial distance, pendataan pemudik dan penyemprotan disinfektan bersama dengan TNI-Polri.

 

“Sepertinya yang masih perlu ditingkatkan adalah pendekatan religius, terlebih lagi di tengah banyaknya masyarakat yang tidak melakukan kegiatan keagamaan terutama kegiatan yang mengumpulkan masyarakat banyak,”ujarnya.

 

Padahal menurut Muntoha yang juga menjabat sebagai Pejabat Sementara Direktur Utama Perumda Tirta Mulia Pemalang, sebenarnya Kabupaten Pemalang mempunyai alim-ulama yang tersebar di berbagai wilayah, yang niscaya apabila diminta tolong untuk ikut mendoakan agar Covid-19 segera mereda pasti akan dilakukan.

 

Atau apabila memungkinkan digelar doa bersama seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang dalam waktu yang bersamaan namun dilakukan di rumahnya masing-masing. Dengan demikian penanganan Covid-19 tidak hanya mengandalkan kekuatan manusia saja, tetapi yang lebih utama adalah mengharapkan pertolongan Yang Maha Kuasa.(Ali Basarah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.