Duh, Pasien PDP yang Kabur dari RSI Ternyata Positif Covid-19

TEGAL – Salah seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sempat menjalani isolasi di RSI Harapan Anda dan kemudian kabur dikabarkan positif terpapar Covid-19. Demikian dikemukakan Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tegal, Muhamad Jumadi, Jumat (24/4) siang.

“Kabar terbaru saya dapatkan dari Gugus Tugas. Pasien laki-laki berusia 42 tahun yang dirawat di RSI Harapan Anda dan kemudian kabur hasil pemeriksaan swab tenggorokannya positif Covid-19,” ungkap Jumadi kepada sejumlah media melalui pesan Whatsapp Grup (WAG).

Menurut Jumadi, pasien merupakan warga Desa Brekat, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal. Dia mendapat perawatan di RSI Harapan Anda pada Selasa 14 April 2020, dengan keluhan sakit kepala dan pingsan di kamar mandi.

Pasien yang berprofesi sebagai seorang sopir di Ibu Kota Jakarta dimasukkan ke Ruang Intermediate, lantaran Ruang Isolasi penuh. Dari diagnosa visit dokter penyakit dalam, pasien tidak ada batuk, panas dan sesak. Namun, dari gambaran rontgen dada, ada gambaran bronkitis dan penyakit penyerta diabetes melitus.

“Karena pasien ada riwayat dari Jakarta dan sebagai sopir,  maka dia dimasukkan ke Ruang Intermediate karena di Ruang Isolasi full. Diagnosis PDP saat itu, diabetes melitus dan cefalgia (nyeri kepala). Kemudian, tanggal 15 dan 16 April diambil swab, belum ada hasil,” terang Jumadi.

Pada Sabtu, 18 April 2020, sambung Jumadi, pasien meminta pulang dengan ancaman mogok makan karena tidak betah dan mau bunuh diri. Setelah diberikan edukasi oleh perawat dan dokter, pasien berhasil dibujuk untuk tetap bertahan menjalani perawatan.

Nahas, sekira pukul 19.30 WIB pasien sudah tidak berada di ruang perawatan dan infus sudah tercabut. Petugas melihat CCTV dan ternyata pasien kabur dibantu istrinya. Saat didatangi ke kediamannya, petugas medis tidak mendapati pasien di rumahnya.

“Hari Minggu pagi, pihak rumah sakit dihubungi Polisi dan memberi kabar bahwa pasien telah ditemukan dan bersedia dirawat kembali. Siangnya, dia dibawa ke RSUD Suradadi,” tegas Jumadi menceritakan kronologi pasien.

Hingga akhirnya, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tegal menerima kabar terbaru, bahwa hasil swab tenggorokan pasien positif Covid-19. (Haikal/red10)

1 Comment
  1. Rokim says

    Waduuh… pimen sih man…tengkulah kabur anaapa…

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.