BLT Desa di Brebes Segera Direalisasikan, Tiap KK Miskin Rp 600 Ribu

- Bantuan Selama Tiga Bulan

Kepala Dinpermades Kabupaten Brebes - Subagya

BREBES – Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa, untuk penanggulangan dampak ekonomi akibat pendemi virus korona, bakal segera direalisasikan di Kabupaten Brebes. Setiap Kepala Keluarga (KK) miskin akan menerima dana bantuan sebesar Rp 600.000 tiap bulannya, selama tiga bulan ke depan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes, Subagya mengatakan, anggaran program BLT desa bersumber dari pencairan Dana Desa tahap pertama. Sesuai Peraturan Menteri Desa (Permendes), pencairan dana desa tahap I itu diprioritaskan untuk penanganan Covid-19 di desa, BLT desa dan Padat Karya Desa. “Anggaran BLT desa saat ini sudah siap, dan sebagian sudah standby di Rekening Kas Desa (RKD), pada bank yang telah ditunjuk,” ujarnya, Kamisn(16/4).

Sesuai data di instansinya, jelas dia, dari total 292 desa di Brebes ada 110 desa yang saat ini pencairan dana desa tahap pertamanya sudah berada di RKD. Sebanyak 128 desa lainnya, masih proses pencairan. Sisanya, 54 desa sudah mengajukan tetapi berkas tidak lengkap, dan harus diperbaiki. “Saat ini desa juga sedang mendataan calon penerima BLT desa ini. Setelah data difinalisasi melalui musyawarah desa dan dilaporkan bupati, bantuan bisa disalurkan,” jelasnya.

Menurut dia, sesuai peraturan tersebut BLT desa diperuntukan bagi warga miskin yang terdampak covid-19, dan tidak masuk dalam daftar penerima Program Keluarga Harapan (PKH), program Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) serta kartu prakerja. Pendataan calon penerima BLT desa tersebut, dilakukan relawan desa, yang datanya kemudian difinalisasi melalui musyawarah desa dan diketahui Bupati melalui camat setempat. “Sesuai Permendes ini, penerima BLT desa akan mendapatkan bantuan Rp 600.000 per KK. Bantuan ini diberikan selama tiga bulan ke depan, mulai April hingga Juni,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam pengalokasian BLT Desa itu pemerintah pusat juga telah memberikan rambu-rambunya. Bagi desa yang menerima dana desa di bawah Rp 800 juta, alokasi bagi BLT Desa sebesar 25 persennya. Kemudian, bagi penerima dana desa antara Rp 800 juta hingga Rp 1,2 miliar dialokasikan sebesar 30 persennya. “Sedangkan bagi yang di atas Rp 1,2 miliar dialokasikan sebesar 35 persennya,” pungkas dia.

(setiawan-red2)

9 Comments
  1. Siti wakhutoh says

    Tolong awasi pula RT nya,semoga bijak dalam hal ini.

    1. Dini says

      Di desa saya kluwut kec. Bulakamba di data tapi gk adil. Yang bos seafood sma juragan kapal dpet bntuan sdangkan yg bner” gk mmpu. Rumh kecil lantai masih tanah tembok pke pager. Gk dpet bntuan sma sekali tolong dong di adilin. Terus kalau mau survey . Langsung ajh datang ke rumah yg bersangkutan jangn tanya sma tetangga.. Kadang kn org ada yg suka ada yg engga.. Jadi di jelek”in akhirnya yg tdinya dpet jd gk dpet.. Gk adil itu namanya.

  2. umi salamah says

    sy dr wrga brebes wanasari,
    tlong untk bantuan jgn smp slh ssran pak,karna kasihn kdg orang jompo&orang yg ga mmpu sering ada yg ga kebagian,

  3. SITI ZULEKHA says

    Ditempat saya kenapa tidak data,padahal banyak yg tak mampu,yg kaya malah dpt,mau data kemana yg tidak ngerti,tolong bantu,pak terima kasih,brebes

  4. Kkie says

    Di Desa Tengguli. Rt. 03 Rw. 02 Kec.Tanjung sama sekali ga adil.
    Gara² ga milih lurah yg jadi sekarang.,tidak mendapatkan bantuan apa-apa.
    Sedangkan bantuan ini cuma 18 orang saja yg dapat. Itu juga blom di pastikan dapat 600 rb .sedangkan yg tidak dapat nnti akan di bagi rasa sma yg 18 orang itu… Jdi yg 18 orang jadi nanti di bagi lagi dg yg tidak dapat.
    Baru merintis jadi lurah aja berani seperti itu. Gimanah nanti selanjutnya.
    Tolong di teliti n di koreksi dg baik n benar.
    Jika tdk dpt penuh dg nominal yg sudah tertera. Lantas uang tersebut akan di kemanakan. Tidak ada pembicaraan musyawarah dg warga setempat sama sekali.
    Trmksh.

  5. Umy likhomsatun says

    Kenapa di desa Slatri belum dapat bantuan sampai sekarang , dan kenapa yg dapat PKH dapat nya cuman 125 ribu pak , mohon minta penjelasan nya

  6. Abdul kodir says

    Ko dukuhturi ,ketanggungan belum ada pendataan apa-apa sih

  7. Endang says

    Kenapa di desa Pandansari kec Brebes blom ada pendataan apa2.. dan kenapa yg sudah dpt PKH justru malah dapat bantuan secara trus menerus(di tumpuk2) beras dapat.. uang dapat dll sementara yg ga dapat Sam sekali ga dapat ap2

  8. setya says

    Biasanya RTnya yg sering bikin masalah klo ada dana seperti ini..tolong di awasi semua pihak RTnya pak,,khususnya RT01/RW14,,Gamprit brebes..

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.