Tebing Penambangan Pasir Longsor, Satu Orang Tewas

Petugas dari Koramil dan Polsek Sirampog mengecek lokasi longsor yang menewaskan seorang penambang pasir di Dukuh Pringanamba, Desa Sridadi.(SMPantura/dok)

BUMIAYU- Tebing penambangan pasir di Dukuh Pringanamba, Desa Sridadi , Kecamatan Sirampog, Brebes, longsor, Selasa (14/4). Peristiwa ini mengakibatkan seorang penambang tewas.

Korban diketahui bernama Rosidin (40) warga setempat. Korban yang mengalami luka parah di bagian kepalanya sempat dilarikan ke Puskesmas Sirampog. Namun demikian, nyawanya tidak tertolong.

Dari keterangan yang dihimpun, musibah itu terjadi saat korban melakukan aktivitas menambang seperti biasanya. Korban tidak sendirian. Ada sejumlah warga lain yang juga ikut menambang.

Sekitar pukul 09.30, para penambang beristirahat dengan menjauh dari lokasi penambangan. Sementara korban memilih beristirahat di lokasi penambangan. Melihat hal itu, beberapa penambang meminta korban menjauh dari area penambangan.”Saat itulah tiba-tiba tebing cadas longsor. Material longsoran mengenai korban,” kata Imam, salah seorang warga.

Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke desa untuk kemudian diteruskan ke polsek dan koramil setempat. Mendapat laporan tersebut, anggota polsek dan koramil bersama BPBD langsung menuju lokasi. Menurut Imam, korban mengalami luka yang cukup parah di bagian kepala.”Setelah dievakuasi, korban dibawa ke Puskesmas Sirampog, namun nyawanya tidak tertolong. Meninggal di puskesmas,” ujarnya.

Sementara menyusul kejadian itu, area penambangan dipasangi garis polisi untuk kepentingan oleh TKP. Kapolsek Sirampog AKP Tumiya meminta warga untuk menghentikan aktivitas penambangan. Sebab, kondisi tebing cadas rawan longsor dan bisa membahayakan penambang.”Ini menyangkut keselamatan. Sebaiknya (aktivitas penambangan) dihentikan agar tidak ada korban lagi,” katanya.(Teguh Tribowo/Red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.