Gandeng Paguyuban Pedagang, Polres Pekalongan Kota Bentuk Kampung Siaga Covid-19

SERAHKAN PERALATAN PENYEMPROTAN – Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez, menyerahkan bantuan peralatan pencegahan Covid-19 kepada perwakilan warga di Posko Kampung Siaga Covid-19 Kelurahan Poncol, Kecamatan Pekalongan Timur, Minggu (12/4). Foto : SMPantura/Kuswandi
  • Serahkan Bantuan Sejumlah Peralatan Pencegahan

PEKALONGAN – Dalam rangka upaya percepatan pencegahan penularan Virus Corona (Covid-19), jajaran Polres Pekalongan Kota bersama Perkumpulan Pedagang Pasar Sentiling Pekalongan (P3SP) dan warga Kelurahan Poncol membentuk Kampung Siaga Covid-19 di RW 03 Kelurahan Poncol, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Minggu (12/4). Selain membentuk Kampung Siaga Covid-19, Polres bersama P3SP juga memberikan bantuan sejumlah perlengkapan dan peralatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Perlengkapan tersebut diantaranya, beberapa tangki dan alat penyemprotan disinfektan, sabun cair, hand sanitizer, wipol, alat perlindungan diri (APD) berupa jas hujan, helm safety dan sepatu boot, serta masker.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez, Kasat Intelkam AKP Mohammad Bisri, Kapolsek Pekalongan Timur Kompol Junaedi, Ketua P3SP H Malbari, didampingi Bhabinkamtibmas setempat kepada perwakilan Kelurahan Poncol, Ketua RW 03, Ketua RT, serta warga setempat, bertempat di Posko Siaga Covid-19 RW 03 Kelurahan Poncol. Kegiatan ini sendiri diselenggarakan oleh Unit Ekonomi Satuan Intelkam Polres Pekalongan Kota bekerja sama dengan P3SP.

Sekretaris Kelurahan Poncol, Hartini Wigatiningsih, menyatakan bahwa warga RW 03 Kelurahan Poncol telah berinisiatif mendirikan Posko Siaga Covid-19. Disamping itu, juga telah dibentuk jadwal jaga di posko. “Terima kasih kepada Kapolres Pekalongan Kota yang telah memberikan bantuan kepada warga, terutama untuk Warga RW 03 Kelurahan Poncol, sehingga warga lebih bersemangat lagi dalam upaya melakukan pencegahan Covid-19. Mudah-mudahan warga terbebas dari Covid-19,” tuturnya.

Sementara, Ketua RW 03 Kelurahan Poncol, Syaifuddin, menyampaikan terima kasihnya atas bantuan peralatan dari Polres Pekalongan Kota untuk pencegahan Covid-19. Kami hanya melaksanakan apa yang pemerintah imbau agar kami bisa meminimalisir penyebaran covid 19 atau virus corona. ” Alhamdulillah warga kami antusias berpartisipasi untuk melaksanakan kegiatan ini,” imbuh Syaifuddin.

Menurutnya, warga telah siap melakukan antisipasi penyebaran Covid-19. Warga dan Satgas Covid-19 setempat telah menyiagakan anggota untuk memantau warga setempat yang masih berada di luar daerah. Apabila warga tersebut pulang ke kampung halaman, diminta untuk melapor dan akan didata, dan apabila ada gejala untuk periksa ke puskesmas setempat. “Kami juga sudah menyiapkan anggaran untuk melakukan penyemprotan hingga Mei mendatang,” imbuh Asep.

Sementara itu, H Malbari selaku Ketua P3SP, menambahkan pihaknya turut serta berpartisipasi di Kampung Siaga Covid-19 di RW 03 Kelurahan Poncol antara lain karena lokasi mereka berjualan dekat dengan kampung Siaga Covid-19 tersebut. “Maka kami selaku organisasi pedagang pasar akan selalu bekerja sama dan memberikan informasi ke kepolisian khususnya Polres Pekalongan Kota, terutama berkaitan dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 atau virus corona,” jelasnya.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez menjelaskan tujuan kegiatan tersebut untuk antisipasi penyebaran Virus Covid-19 dan menumbuhkan partisipasi warga dalam mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan warga. Keberadaan Posko Siaga Covid-19 sekaligus sebagai tempat untuk mendeteksi pemudik dari luar kota guna melaksanakan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19. (Kuswandi/Red9).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.