PHB Tegal Bantu Mahasiswa, Pulsa untuk Ikut UTS

* Terus Kembangkan Teknologi Kuliah Model Daring

BERI SEMANGAT : Ketua Yayasan Pendidikan Harapan Bersama Tegal Khafdillah MS SKom SH MH, memberikan semangat kepada dosen dan pimpinan perguruan tinggi vokasi itu, saat rapat virtual daring evaluasi dan monitoring pencegahan Covid 19.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

TEGAL – Penerapan kuliah model daring, selain ketersediaan perangkat yang memadai, seperti handphone android maupun laptop, juga brandwide dan pulsa kuota internet.

Karena itulah, Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal memberikan bantuan pulsa kuota internet untuk ribuan mahasiswanya.

Direktur PHB Tegal Mc Chambali BEng EE MKom, didampingi Wakil Direktur II Sunandar SE MSi Ak CA mengatakan, bantuan pulsa kuata internet sebesar Rp 50.000/mahasiswa, digunakan untuk mengikuti ujian tengah semester (UTS) yang digelar pada April tahun ini.

”Ada hal penting yang selalu mendapat perhatian kami. Selain persoalan bantuan pulsa kuota internet, upaya meningkatkan infrastruktur dan sarana untuk menyempurnakan e-learning, serta mengevaluasi sistem pembelajaran daring untuk perkuliahan, ujian tengah semester maupun, ujian akhir semester,” ucap Mc Chambali.

Jika pandemi virus korona sampai ujian akhir semester, tentu pihaknya harus menentukan kebijakan-kebijakan lebih lanjut. Antara lain, seperti bantuan yang diberikan kepada mahasiswa yang kini mengikuti UTS, dan kebijakan lain demi keberlanjutan kuliah model daring.

PERANGKAT KOMUNIKASI : Seorang dosen PHB Tegal dengan perangkat teknologi komunikasi yang dimiliki, saat mengikuti rapat virtual daring evaluasi dan monitoring pencegahan Covid 19, yang digelar perguruan tinggi itu.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Dia mengungkapkan, dalam rangka kelancaran dan penyempurnaan kuliah daring, sejumlah dosen dan mahasiswa perguran tinggi, telah mencoba beberapa aplikasi.

Seperti Google Classroom, Edmodo, Zoom maupun aplikasi yang disediakan perguruan tinggi masing-masing. Hal itu dilakukan untuk mempermudah komunikasi dan kegiatan belajar mengajar antarmahasiswa dan dosen.

Bahasan Menarik

Dalam rapat virtual daring evaluasi dan monitoring pencegahan Covid 19, yang digelar pimpinan perguruan tinggi itu, pekan lalu, dan diikuti pihak yayasan maupun dosen, persoalan di atas menjadi bahasan cukup menarik.

Bahkan masalah tugas mahasiswa yang kian menumpuk, pun menjadi perhatian pimpinan perguruan tinggi vokasi tersebut.

”Untuk memotivasi mahasiswa agar tetap memiliki semangat belajar dari rumah, sebaiknya jangan berikan tugas yang berat tanpa melihat kemampuan mahasiswa. Sama seperti perkuliahan, ada tahapannya dimulai dari penjelasan terlebih dahulu ,” tandas Mc Chambali BEng EE MKom, dalam rapat tersebut.

Dia menegaskan, faktor komunikasi antara dosen dan mahasiswa dalam situasi seperti sekarang, tetap menjadi hal paling penting. Karena itulah dalam kuliah model daring, sebaiknya dosen tidak langsung memberi tugas apalagi hanya untuk mengganti perkuliahan.

”Kita dapat menanyakan kepada mahasiswa, apakah tugas tersebut berat? Selain itu, tolong, beri tugas yang bersahabat. Agar tidak membuat gaduh mahasiswa,” ucap dia, sambil menjelaskan tugas bersahabat yang dimaksud, agar dosen memperhitungkan tugas yang efektif secara waktu maupun ”bersahabat” dengan kuota internet.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Harapan Bersama Khafdillah MS SKom SH MH tak henti-hentinya mengimbau, agar kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan baik secara akademik maupun nonakademik, tetap ada progres. Evaluasi program kerja juga diupayakan dapat dipantau setiap hari.

”Kita tetap harus waspada dan berdoa agar wabah virus korona segera berlalu. Namun jangan karena hal ini, kegiatan belajar mengajar jadi berhenti semua. Kedepannya kuliah online dapat menjadi tujuan PHB Tegal, untuk menjawab tantangan di era Revolusi Industri 4.0. Tentu ini bukan hanya berkait Covid-19. Tapi untuk keperluan dunia pendidikan jangka panjang”, ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.