Berdedikasi Kanggo Masyarakat, Bebareng Mbangun Kota Tegal

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-440 Kota Tegal yang digelar secara terbatas di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu. SM/ dok

MINGGU 12 April 2020, Kota Tegal genap berusia 440 tahun. Kota pesisir yang lahir sejak 12 April 1580 ini terus berkembang lebih maju. Tak terkecuali pada era kepemimpinan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dan Wakil Wali Kota, Muhamad Jumadi, yang menjadikan Tegal semakin unggul.

Terlebih pada usia 440 tahun ini, Kota Bahari telah menorehkanan jutaan prestasi. Satu tahun 20 hari Dedy-Jumadi memimpin Pemerintah Kota Tegal, keduanya tetap konsistensi untuk mengemban misi Berdedikasi Kanggo Masyarakat, Bebareng Mbangun Kota Tegal yang hingga kini terus berkelanjutan.

Prestasi demi prestasi terus diraih Pemkot Tegal dalam berbagai bidang. Seperti diantaranya, Bidang Kesehatan, Pendidikan/ Kebudayaan, Kependudukan dan Catatan Sipil, Bidang Sosial, Lingkungan Hidup, Perizinan, Bidang Koperasi, UMKM dan Perdagangan, Bidang Ketenagakerjaan dan Perindustrian.

Tak berhenti di situ, Bidang Pemberdayaan Masyarakat, KB/ Perlindungan Anak dan Perempuan, Bidang Komunikasi dan Informatika, Bidang Kesejahteraan Pegawai, Bidang Pendapatan dan Anggaran, Bidang Hukum dan Pemerintahan, Bidang Pekerjaan Umum, maupun Bidang Penanganan Bencana juga menyabet segudang prestasi.

Namun, kesemuanya itu ‘mandeg‘ lantaran seluruh dunia, termasuk Kota Tegal dilanda wabah Pandemi Covid-19. Kondisi ini membuat Kota Tegal bergerak cepat untuk menganggulanginya. Bahkan, jajaran Pemkot Tegal tengah menyiapkan anggaran Rp 27,5 Miliar.

Belum lama ini, Pemkot Tegal melalui Dinas Sosial juga meluncurkan program baru untuk warga lanjut usia (Lansia). Dimana program dalam bentuk permakanan itu diberikan, sebagai bentuk kepedulian memberikan gizi seimbang kepada para lansia.

Setiap seminggu sekali, pada hari Kamis, sekitar 600 lansia di Kota Tegal bakal menerima rantang yang berisi nasi, lauk, kudapan dan buah. Program tersebut lebih dikenal dengan Warga Tegal (Warteg) Eman Lansia. Selain kepada lansia, rencananya program serupa juga akan diterapkan untuk anak yatim piatu.

Sementara, dalam memperingati Hari Jadi ke-440 Kota Tegal, Dedy Yon berharap, ke depan Kota Tegal dapat mendatangkan kebaikan, untuk kesejahteraan dan keselamatan warga. Meski serangkaian agenda Hari Jadi ditiadakan, namun Dedy berharap hal tersebut tidak mengurangi kehidmatan warga Kota Tegal dalam memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Tegal tetap menggelar Upacara Hari Jadi yang digelar terbatas. Para pesertanya merupakan kepala OPD dan Lurah hingga Camat. Usai melakukan upacara di Halaman Pendopo, Wali Kota bersama Wakil Wali Kota dan Forkopimda menuju makam Ki Gede Sebayu untuk melakukan ziarah. (adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.