2.745 Pekerja di Pemalang Dirumahkan

PEMALANG – Sebanyak 2.745 pekerja di Kabupaten Pemalang sudah dirumahkan sebagai dampak mewabahnya Covid. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Mukminun mengatakan jumlah tersebut dia perkirakan akan bertambah.

“Jumlah pekerja yang sudah dirumahkan mencapai 2.745 orang, akan tetapi diperkirakan jumlahnya masih akan bertambah. Ini belum termasuk pekerja yang pulang namun tempat kerja mereka berada di luar Pemalang,”kata Mukminun.

Menurut dia saat ini sudah ada tujuh perusahaan di Pemalang yang merumahkan karyawan. Keputusan merumahkan karyawan ini dipilih lantaran biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan tidak sebanding dengan pemasukan yang diperoleh.

Adapun tujuh perusahaan tersebut terdiri atas enam perusahaan garmen dan satu lagi adalah perusahaan makanan.

Lebih lanjut dia menambahkan jumlah pemudik di Kabupaten Pemalang yang mencapai 47 ribu orang, 35 ribu diantaranya adalah pekerja sedangkan sisanya adalah mahasiswa maupun pekerja dengan modal sendiri. Dengan data itu diperkirakan akan menambah jumlah pekerja yang dirumahkan di Kabupaten Pemalang.

Kemudian meningkatnya jumlah pekerja yang di rumahkan Dinas Tenaga Kerja Pemalang sudah menghimbau perusahaan-perusahaan di bidang garment untuk mengalihkan produksinya yaitu membuat alat pengaman diri (APD) baju hazmat.

Menurutnya sudah ada dua perusahaan besar di Kabupaten Pemalang melakukannya dan telah menerima order pembuatan baju hazmat dari berbagai kota. Hanya saja pihak perusahaan hanya membuat atau menjahit saja karena bahan baku yang digunakan sudah dibawa sendiri oleh pemesan.

“Pihak perusahaan pun saat menerima order tidak mematok harga tinggi, sebab mereka hanya mengambil ongkos jahit bagi para pekerjanya saja agar tetap bisa bekerja,”pungkasnya.(Ali Basarah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.