BPJamsostek Tegal Buka Layanan Lapak Asik

TEGAL  – Komitmen BPJamsostek Cabang Tegal untuk membantu pemerintah memutus mata rantai penularan Covid-19 terus digulirkan. Selama dua pekan, BPJamsostek menerapkan program Lapak Asik atau lebih dikenal Pelayanan Tanpa Kontak Fisik.

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Tegal, Novri Annur mengatakan, mekanisme pelayanan Lapak Asik telah diterapkan sejak Senin (23/3) hingga Rabu (8/4) telah berjalan dengan lancar dan baik.

Penggunaan layanan digital tersebut, merupakan bentuk komitmen BPJamsostek dalam menekan angka penyebaran Covid-19 yang mana tanpa adanya kontak fisik antara petugas dan peserta.

“Awal pelaksanaan Lapak Asik sebanyak 24 peserta masih ada yang datang ke kantor cabang. Namun, sampai Jumat (3/4) kemarin, jumlah peserta yang datang hanya berjumlah sepuluh orang saja,” ujarnya.

Novri menjelaskan, seluruh peserta yang mengajukan klaim tentunya tidak perlu datang ke kantor Cabang Tegal. Peserta dapat melakukan klaim dari rumah, dengan registrasi antrian online terlebih dahulu pada aplikasi BPJSTKU atau langsung ke website resmi antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Kemudian, sambungnya, paling lambat pada H-1 peserta harus sudah mengunggah berkas-berkas yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi. Langkah selanjutnya, petugas BPJamsostek akan melakukan verifikasi berkas pengajuan klaim.

“Apabila dokumen yang diberikan kepada petugas kami telah lengkap dan benar keabsahannya, maka peserta tinggal menunggu status pengajuan klaim yang nantinya akan diinformasikan melalui email, WhatsApp, SMS, atau telepon,” pungkas Novri.

Bagi peserta yang tidak berhasil mengunggah dokumen, nantinya akan diinformasikan untuk datang ke kantor cabang yang dipilih saat melakukan registrasi. Adapun dokumen pengajuan klaim, cukup dimasukkan ke dalam dropbox yang disediakan, guna meminimalisir kontak.

“Dokumen yang telah diletakkan di dalam dropbox, kami proses lebih lanjut dan sebagai informasi apabila petugas kami membutuhkan informasi lebih lanjut akan dihubungi melalui telepon, email atau video call,” bebernya.

Selama pelaksanaan kegiatan pelayanan Lapak Asik sampai pada Jumat (3/4), telah menerima pengajuan klaim total antrian sebanyak 400 peserta. Jumlah tersebut terdiri dari peserta pengajuan lewat email, via WhatsApp maupun datang langsung ke kantor BPJamsostek Cabang Tegal. (Haikal/red10)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.