1.104 Santri Lirboyo Asal Brebes Pulang Masal

- Dicek Kesehatan, Aman Covid-19

Para Santri Lirboyo asal Brebes tengah transit di Islamic Center Brebes untuk menjalani pemeriksaan kesehatan, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (smpantura.com/dok)

BREBES – Sebanyak 1.104 santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo asal Kabupaten Brebea dipulangkan massa, menyusul adanya wabah virus korona atau Covid-19. Mereka yang tiba di Kota Bawang, langsung dilakukan pemeriksaan kesehatab yang dipusatkab di Kompleks Islamic Center Brebes. Hasilnya, para santri tersebut aman dari Covid-19.

Ketua PImpinan Cabang (PC) Himpunan Alumni Santri Lirboyo (HIMASAL) Kabupaten Brebes, Kiai Kholid Badrudin mengatakan, kepulangan sebanyak 1.104 santri Lirboyo itu dilakukan secara bertahap. Mereka dipulangkan sesuai instruksi Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo dan RMI PBNU sebagai bentuk kepatuhan pada Ulil Amri (Pemerintah-red) terkait dengan upaya pencegahan Covid 19. “Kepulangan santri Lirboyo ini menggunakan sebanyak 17 bus secara bertahap,” katanya, Senin (6/4).

Tahap pertama, jelas dia, sebanyak 7 bus tiba di Brebes pada 31 Maret lalu sekitar pukul 15.30. Rombongan langsung menuju Islamic Center Brebes untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Pemkab Brebes. Kedatangan para santri disambut Bupati Idza Priyanti, Wakil Bupati Brebes Narjo dan para pejabat terkait di Pemkab Brebes. Kemudian, tahap kedua tiba sebanyak 6 bus dan tahap tiga sisanya 4 bus. “Semua santri yang baru datang langsung diperiksa oleh tim medis yang telah disiapkan Pemda Brebes. Sebelumnya kami juga sudah melakukan koordinasi dengan Kabag Kesra Setda Pemkab Brebes, sesuai petunjuk Pengurus Pusat HIMASAL. Dari hasil pemeriksaan ini, alhamdulillah, semua santri Lirboyo yang pulang dinyatakan aman dari penyebaran virus corona atau covid-19,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Bupati Brebes, Polres Brebes dan tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes yang telah membantu kelancaran proses kepulangan santri Lirboyo. “Kami berterimakasih atas bantuan Bupati, Polres dsn tim medis terhadap proses kepulangan santri Lirboyo asal Brebes ini,” sambungnya.

Wakil Bupati Brebes Narjo mengatakan, kepulangan santri kali ini tidak seperti biasanya. Sebelumnya santri pulang lewat terminal atau stasiun, tetapi kali ini santri pulang dengan mengikuti petunjuk protokoler Covid-19. Pemerintah sangat perhatian kepada komunitas santri, sehingga proses kepulangan santri kali ini melalui proses pemeriksaan tim medis Dinas Kesehatan. Hal itu semata-mata sebagai upaya langkah tindakan pencegahan penyebaran Covid-19. Selanjutnya, santri juga harus bisa menjaga kesehatan karena akan menjadi generasi calon pemimpin masa depan. “Mungkin nanti dari para santri ini ada yang jadi Bupati, Wakil Bupati, anggota DPRD dan pejabat yang lain,” pungkasnya.

(Setiawan-red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.