Area Publik di Tegal Secara Berkala Disemprot Disinfektan

* Kerahkan Mobil Damkar dan Water Cannon

TAMAN PANCASILA : Satu unit mobil Water Cannon Sat Sabhara Polres Tega Kota, saat menyemprot disinfektan di Taman Pancasila di depan Stasiun KA Tegal. Penyemprotan juga dilakukan di alun-alun, dan disekitar 20 titik area publik lainnya untuk mencegah penularan virus corona.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07}

TEGAL – Upaya mencegah potensi penyebaran Virus Corona atau Covid 19 di Kota Tegal, tak hanya dengan karantina atau isolasi wilayah. Tapi seluruh area publik, juga secara berkala disemprot cairan disinfektan. Bahkan seperti yang terjadi pada Selasa (31/3) lalu, strategi penyemprotannya dilakukan secara serentak di 20 titik area publik.

Penyemprotan itu, salah satunya untuk membunuh kuman yang dapat menjadi media penularan virus membahayakan tersebut. Karena itulah untuk memotong jalur penularan, perlu dilakukan penyemprotan secara serentak di sejumlah lokasi.

Selanjutnya kegiatan tersebut akan dilakukan secara serentak lagi, di lain waktu. Alias dilakukan secara berkala.

Untuk kegiatan penyemprotan serentak menggunakan disinfektan, diawali dengan apel pasukan di Halaman Mapolres Tegal Kota, pagi hari sekitar pukul 08.00. Dipimpin langsung Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi.

”Saya berterimakasih atas kehadiran dan kesiapan rekan-rekan semuanya. Baik dari TNI, BPBD, Dinkes, Dishub dan relawan kemanusiaan lainnya, untuk bersama-sama melakungan kegiatan penyemprotan di sejumlah area publik,” terang Kapolres Tegal Kota,

Selanjutnya, setelah mendapat pengarahan dari Kapolres Tegal Kota, tim aparat gabungan bergerak menyebar, untuk secara serentak melakukan penyemprotan disinfektan di 20 titik area publik.

Mulai dari jalan utama atau jalan protokol, tempat ibadah, pasar tradisional, taman alun-alun, Stasiun KA hingga Terminal Indus Bus Tegal.

Water Cannon

Dalam penyemprotan tersebut, selain sejumlah relawan dan petugas dinkes menggunakan peralatan penyemprotan khusus yang dapat dipanggul, Polres Tegal Kota juga menerjunkan mobil water cannon.

Yakni, kendaraan khusus yang biasa digunakan Unit Dalmas untuk menghalau demontrans, maupun memadamkan kebakaran.

Penggunakan mobil khusus tersebut memang cukup efektif. Apalagi didukung dengan pengerahan sejumlah mobil unit pemadam kebakaran (Damkar) dari Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Kota Tegal.

Area parkir di terminal bus yang cukup luas, pun dalam hitungan menit dapat langsung disemprot semuanya.

Sementara itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, kegiatan bersama yang melibatkan berbagai pihak adalah bentuk dukungan dalam rangka melawan penyebaran virus corona.

Pihaknya sangat apresiatif bila ada swasta yang mau terlibat dalam kegiatan penyemprotan. ”Bantuan masker, hand sanitizer atau alat pelindung diri juga sangat penting. Termasuk cairan disinfektan,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.