Satu PDP yang Meninggal di Tegal Positif Covid-19

Foto Ilustrasi (SM/Dok)

TEGAL – Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal saat mendapat penanganan di RSI Harapan Anda, Kota Tegal, dinyatakan positif terpapar Covid-19. Itu menyusul diterimanya hasil pemeriksaan swab tenggorok oleh tim medis, Selasa (31/3) pagi.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tegal, Johardi membenarkan berita tersebut usai menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama DPRD Kota Tegal di Ruang Adipura.

Menurut Johardi, informasi hasil swab positif terhadap pasien yang merupakan warga Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur itu diterima pada pukul 10.10 WIB. Informasi valid tersebut disampaikan oleh salah seorang pejabat bidang kesehatan.

“Saya mendapat info sebelum rapat. Bahwa, pasien PDP berkelamin laki-laki dengan usia 77 tahun yang meninggal di RSI dinyatakan positif Covid-19,” singkat Johardi.

Upaya yang dilakukan, sambung dia, petugas puskesmas setempat langsung melacak (tracking) pihak keluarga, lantaran sempat terjadi kontak fisik dengan jasad korban. Apabila selama dua minggu dilakukan pemantauan terdapat gejala yang mengarah ke ODP maupun PDP, maka akan dilakukan penanganan lebih lanjut.

Ditemui terpisah, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono meminta Lurah Mintaragen untuk bisa mengisolasi wilayahnya dengan bekerjsama dengan RT/ RW, mengingat wilayah Mintaragen telah menjadi zona merah dengan adanya satu pasien positif Covid-19.

Tak hanya melakukan tracking terhadap keluarga pasien, Dedy juga meminta Tim Penanganan Covid-19 melacak perawat dan pembesuk untuk kemudian dicek kesehatannya secara menyeluruh.

Dalam kesempatan tersebut, Dedy memastikan, pemakaman pasien dilakukan sesuai protokol pemakaman Covid-19. Terlebih, jasad korban langsung dibawa ke tempat krematorium untuk dilakukan kremasi.

“Semua saya minta ditracking, baik keluarga, perawat, pembesuk maupun pelayat yang ikut melayat diperhatikan betul. Data dan kesehatannya harus lengkap, jangan sampai mereka ikut tertular,” tegasnya.

Dengan demikian, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Tegal bertambah menjadi dua orang. Dimana sebelumnya, warga Kelurahan Slerok yang merupakan TKI asal Dubai dinyatakan positif setelah menjalani pemeriksaan swab tenggorok dua kali. (Haikal/red10)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.