DPRD Kabupaten Tegal Dukung Penganggaran Penanganan Virus Korona

RAKOR FORKOPIMDA : Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Agus Salim SE MM bersama Bupati Tegal Hj Umi Azizah menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda Kabupaten Tegal untuk penanganan wabah Virus Korona di Kabupaten Tegal, di Rumah Makan Parigogo Jalan Raya Pangkah, baru-baru ini. (SMPantura/Wiwit)

PANGKAH – DPRD Kabupaten Tegal mendukung penuh Pemkab Tegal dalam upaya pencegahan Virus Korona (Covid-19) di Kabupaten Tegal. Dukungan DPRD dilakukan dengan memprioritaskan alokasi anggaran untuk penanganan virus tersebut, namun tetap memperhatikan mekanisme peraturan yang berlaku.

“Pada prinsipnya kami (DPRD-red) mendukung sepenuhnya penganggaran dalam rangka penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19),” kata Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Agus Salim SE MM usai rapat koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tegal di Rumah Makan Parigogo Jalan Raya Pangkah, baru-baru ini.

Dikatakan, pandemi Covid-19 ini memang harus ditingkatkan kewaspadaanya. Karena itu, Kabupaten Tegal telah mendukung langkah-langkah untuk tersedianya alokasi anggaran dengan memperhatikan mekanisme peraturan yang berlaku. Di tanya soal besaran anggaran yang dikucurkan, pihaknya masih menunggu perhitungan kebutuhan dari tim anggaran.

“Gambaranya besok itu seperti apa, dan kemungkinan terjeleknya itu seperti apa. Ketika kita sudah mendapatkan hasilnya, terus kita lihat kemampuan kita dalam penanganan itu bagaimana,” jelas Sekretaris DPC PKB Kabupaten Tegal itu.

Masalah trending topic saat ini, Agus Salim mencontohkan, seperti ketika ada TKI yang pulang ke kampungnya, hal itu tentunya menjadi isu di masyarakat apakah orang itu terkontaminasi Korona atau tidak. Kemudian, kalau tidak ditangani dengan cepat maka akan terjadi bahaya. Begitu juga permasalahan beberapa curhatan dari teman-teman perawat tingkat bawah yang saat ini belum siap. Hal itu yang harus diskusikan untuk mencari solusi secara cepat, tepat dan paripurna agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

“Silahkan kami dari DPRD akan mendukung penuh dari anggaran. Silahkan mau ambil dari pos mana, asalkan OPD terkait diberitahukan dan dijelaskan bahwa dana itu digunakan untuk penanganan wabah Corona terlebih dahulu,” pintanya.

Terkait dengan wabah Covid 19, Agus Salim menghimbau agar seluruh masyarakat di Kabupaten Tegal juga memperkuat kekebalan tubuh atau menjaga kesehatan. Pasalnya, sifat dari virus tidak akan mudah menyebar jika kekebalan tubuhnya kuat. Selain itu, juga mendukung dengan adanya Social Distance (membatasi interaksi sosial) yang diharapkan akan memutus mata rantai atau potensi penyebaran Covid tersebut.

“Virus tidak akan menyebar jika kekebalan tubuh kita prima,” ucapnya. (Wiwit-red03)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.