Disertasi Bupati Junaedi Raih Nilai Cumlaude

0 5

PEMALANG – Disertasi karya Bupati Pemalang, Juanedi dinyatakan lulus dan meraih nilai cumlaud dalam Ujian Terbuka Promosi Doktor Program Studi Hukum, Program Doktor Fakultas Hukum, Universitas 17 Agustus 1945, Semarang. Junaedi meraih nilai 3,75 dalam mempertahankan disertasi selama dua jam, belum lama ini.

Dalam ujian tersebut Junaedi mengajukan disertasi berjudul “Pertanggungjawaban Hukum Pejabat Pemerintah dalam Melakukan Diskresi”. Dia mengatakan diskresi kepada administrasi negara dalam melaksanakan tugasnya mewujudkan welfare state (negara kesejahteraan) diharapkan kesejahteraan masyarakat benar-benar tercipta.

“Prinsipnya pemerintahan tidak boleh menolak untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan alasan hukumnya tidak ada, ataupun hukumnya ada tetapi tidak jelas, sepanjang hal tersebut masih menjadi kewenangannya,”kata dia. Dalam disertasinya ada kesimpulan penting terkait dengan diskresi yaitu penggunaan diskresi oleh pejabat pemerintah dalam menjalankan tugasnya telah ditetapkan dalam suatu peraturan perundang-undangan.

Pejabat Pemerintah kata dia yang menggunakan diskresi, selama tindakan itu dilakukan dalam lingkungan formil wewenangnya atau dilakukan tugasnya dalam rangka melaksanakan kewenangan jabatan, semua konsekuensi yang timbul akan menjadi tanggungjawab jabatan. Seorang pejabat pemerintah juga tidak dapat mengelak dari tanggung jawab dan tanggung gugat dengan berlindung di balik alasan bahwa yang dilakukannya itu atas dasar diskresi.

Sementara itu diskresi dan peraturan kebijakan itu lanjut dia dianggap tidak sah atau menyimpang jika bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dan asas hukum, ada unsur penyalahgunaan wewenang dan unsur sewenang-wenang atau melanggar asas rasionalitas, melanggar hak asasi manusia, bertentangan dengan asas-asas umum pemerintahan yang baik dan atau prinsip penyelenggaraan pemerintah yang baik serta terdapat unsur maladministratif.

Dengan lulusnya disertasi dalam ujian terbuka tersebut Junaedi berhak meraih gelar Doktor di bidang hukum Universitas 17 Agustus 1945. Sebelumnya Junaedi sudah meraih gelar Doktor di bidang Administrasi Publik dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada tahun 2018.(Ali Basarah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.