Komisi IV Sidak Puskesmas Bumiayu Terkait Kesiapan Penanganan Covid-19

Komisi IV DPRD Brebes mengecek kesiapan BLUD Puskesmas Bumiayu dalam menghadapi wabah Covid-19

BUMIAYU- Komisi IV DPRD Brebes melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke BLUD Puskesmas Bumiayu untuk melihat kesiapan penanganan wabah Covid-19, Senin (23/3). Dalam sidak itu, rombongan memantau pelayanan kesehatan di puskesmas tersebut. Mereka juga mengecek fasilitas cuci tangan di puskesmas tersebut. “Kedatangan kami untuk mengecek sejauh mana kesiapan dan antisipasi yang dilakukan oleh Puskesmas Bumiayu dalam menghadapi wabah Covid-19 ini,” kata Ketua Komisi IV DPRD Brebes Muhaimin Sadirun.

Sadirun menilai kesiapan Puskesmas Bumiayu sudah cukup baik dalam mengantisipasi penyebaran penularan Covid-19. Diantaranya melakukan penyemprotan ruangan, penataan kursi tunggu pasien dan penyuluhan kepada masyarakat.”Semua dilakukan sesuai standar dan cukup baik sesuai SOP,” kata Sadirun.

Dikatakan, DPRD akan mendukung seluruh langkah pemerintah dalam penanggulangan Covid-19, termasuk juga anggarannya. Pemkab juga hendaknya memperhatikan para petugas di lapangan agar ada insentif, kerena resiko mereka tinggi.”Tenaga di lapangan memiliki resiko yang tinggi maka mereka harus diperhatikan harus ada insentif,” tegas Sadirun.

Kepala BLUD Puskesmas Bumiayu dr Ali Budiarto mengatakan kebutuhan mendesak saat ini adalah APD, masker dan disinfektan.”Setidaknya itu untuk mengurangi resiko penyebaran virus Corona dan juga memberikan rasa aman bagi warga sehingga tidak panik,” katanya.

Pada bagian yang lain, Ali meminta masyarakat juga dapat mengikuti anjuran pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus corona. Yakni tinggal atau berdiam di rumah, hindari kerumunan orang.”Kemudian jaga pola hidup sehat, banyak mengonsumsi makanan bergizi dan buah untuk meningkatkan imunitas tubuh,” ujarnya.(Teguh Tribowo/Red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.