Corona Oh Corona

0 34

Oleh Anisa Putri N.A

VIRUS Corona, ialah virus yang menyerang system pernafasan. Virus ini disebut COVID-19. Virus corona bisa menyebabkan gagguan pada system pernafasan, pneumonia akut, sampai kematian.
Infeksi virus korona ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini mulai merambat kewilayah lain di china dan beberapa Negara termasuk Indonesia.

Virus ini bisa menyerang siapa saja baik bayi, anak anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, dan ibu menyusui. Tanpa kita sadari virus dapat menyebar di sekitar kita melalui hal yang dilakukan sehari harinya, virus dapat menular secara berantai mulai dari satu orang, ke orang lain , dan ke orang lainnya lagi, hingga menular ke banyak orang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan dua surat edaran terkait pencegahan dan penanganan virus corona yakni surat edaran nomor 2 tahun 2020 tentang pencegahan dan penanganan covid-19 pada satuan pendidikan.

Dalam surat edaran ini kemendikbud juga meningkatkan satuan pendidikan agar menyediakan makanan yang sudah dimasak sampai matang dan kepada seluruh warga satuan pendidikan untuk tidak lagi berbagi makanan dan minuman.
Kemendikbud melarang agar para siswa tidak bersalaman, mencium tangan baik ibu guru , berpelukan, berciuman. Untuk menghambat virus corona tersebut, jika bertemu bapak ibu guru cukup menyapa selamat pagi dengan tangan tertutup dari jarak minimal 1 meter.

Kita semua dapat mencegah penyebaran itu dengan melakukan tutup mulut ketika batuk dan bersin, buang tisu bekas pakai ketempat sampah tertutup, cuci tangan pakai sabun minimal 20-40 detik. Makin banyak yang mencegah, makin banyak yang terlindungi. (*)

Penulis merupakan Mahasiswa Semester VI Fakultas Ilmu Pemerintahan UPS Tegal

Leave A Reply

Your email address will not be published.