Ribuan Trail Trabas Jelajahi Gunung Wangi

0 112

PEMALANG – Ribuan trail trabas dari berbagai daerah ikut memeriahkan event offroad Jelajah Gunung Wangi dalam rangka memeringatai Hari Ulang Tahun (HUT) ke-445 Kabupaten Pemalang, Sabtu-Minggu (14-15/3). Event offroad itu dilepas melalui kibasan bendera start oleh Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Muji Teguh Angkasa didampingi Danrem 071/Wijaya Kusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, Bupati Pemalang Junaedi, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan dan Kapolres AKBP Edy Suranta Sitepu.

Kasdam mengatakan event trabas yang mengambil start dari Lapangan Desa Surajaya di Dukuh Slarang, Kecamatan Pemalang itu menjadi sarana untuk merajut tali silaturahmi.”Salam trabas satu jalur satu lumpur,”kata Kasdam memompa semangat para peserta.

Event tersebut selain diikuti oleh peserta menggunakan trail juga ada beberapa peserta yang mengikuti nomor jip 4×4. Penyelenggaraan dilaksanakan dua hari dengan ketentuan hari pertama adalah untuk peserta kategori privat sementara hari kedua untuk kategopri reguler.

Kategori reguler jalur trabasnya jauh lebih menantang dan ekstrem. Panitia menyediakan hadiah undian untuk beberapa kategori salah satunya adalah hadiah bagi yang bisa menaklukan tanjakan ekstrem.

Rute trabas Gunung Wangi ini sudah cukup dikenal di kalangan penggemar trail trabas. Sudah berkali ulang event offroad diselanggarakan di jalur tersebut namun tidak pernah sepi peminat sebaliknya selalu membeludak. Jalur yang memliki tanjakan ekstrem yakni tanjakan setan ini memiliki jarak tempuh lebih kurang 30 kilometer.

Jalur terdiri atas jalan tanah, jalan berkerikil, berlumpur, naik turun dan melewati hutan serta sungai. Musim penghujan adalah waktu yang paling digemari para offroder untuk melintasi jalur tersebut.

Jalur Gunung Wangi juga memiliki pemandangan yang menarik salah satunya adalah Gua Gunung Wangi. Di goa yang di depannya terdapat mata air itu seringkali para offroader bristirahat cukup lama sebelum melanjutkan perjalanan.

Sementara itu dalam kegiatan Jelajah Gunung Wangi diselingi dengan kegiatan lingkungan hidup yakni penyerahan bibit penghijauan. Kegiatan juga dimeriahkan dengan bakti sosial penyerahan bantuan untuk pembangunan masjid Baitul Karim Desa Surajaya.(Ali Basarah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.