dr Roro Tetapkan Sekolah Rintisan Literasi di SDN MKK 1

TANDA TANGAN : Bunda Baca Kota Tegal, dr Roro Kusnabela Erfa menandatangani prasasti sekolah rintisan literasi di SDN MKK 01. SMpantura.com/ Haikal

TEGAL – Bunda Baca Kota Tegal, dr Roro Kusnabela Erfa menetapkan Sekolah Dasar Negeri Mangkukusuman (SDN MKK) 1 Kota Tegal sebagai Sekolah Rintisan Literasi di Kota Tegal. Penetapan dilakukan melalui penandatanganan sebuah prasasti, Jumat (13/3) siang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Duta Baca Kota Tegal, Dyah Pobondari, Ratna Eddy, Pegiat Literasi Kota Tegal, Dr Yusqon dan Kepala Sekolah SD MKK 01 Arif Santoso.

Dalam sambutannya, dr Roro Kusnabela mengatakan, ditetapkannya SDN MKK 1 sebagai Sekolah Rintisan Literasi lantaran prestasinya serta kelengkapan fasilitas perpustakaan hingga adanya fasilitas pojok baca di setiap kelas.

“Dengan ditetapkanya sekolah rintisan literasi, para siswa diharap dapat lebih termotivasi untuk semakin mencintai literasi, utamanya membaca dan menulis,” ucapnya.

dr Roro percaya, dengan digiatkannya membaca dan menulis, maka akan semakin mengurangi aksi perundungan (bullying) yang masih terjadi di sejumlah sekolah.

Pegiat Literasi Kota Tegal, Dr Yusqon menambahkan, penetapan sekolah rintisan linterasi merupakan implementasi gerakan tegal membaca yang sudah berjalan sejak tahun 2018 lalu. Sebelum SDN MKK 01, pihaknya juga sudah menetapkan SDN Sumurpanggang 02 sebagai sekolah rintisan literasi.

Yusqon mengapresiasi Bunda Baca dan Duta Baca yang selalu hadir dan bersinergi. Sebab, sinergitas pegiat literasi dengan Bunda Baca dan Duta Baca serta sekolah-sekolah akan menjadi kekuatan besar untuk terus menggerakan budaya literasi di Kota Tegal.

“Setelah ini, kami menargetkan program Literasi Sekolah akan menyasar ke sekolah-sekolah di Kecamatan Tegal Barat dan Tegal Selatan,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Sekolah SDN MKK 1, Arif Santoso berharap, melalui program sekolah rintisan literasi anak didiknya dapat tumbuh menjadi generasi yang mencintai baca dan tulis.

“Saya harap muncul dengan program ini muda yang cerdas dari SDN MKK 1 yang siap membangun negara di masa depan,” pungkasnya. (Haikal/red10)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.