Kadin Harus Jadi Bagian Solusi Persoalan Ekonomi di Brebes

Ketua Umum Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono saat melantik Dewan Pengurus Kadin Kabupaten Brebes, disaksikan langsung Bupati Idza Priyanti, di Pendapa Kabupaten Brebes, Kamis (12/3). (smpantura.com/b.setiawan)

BREBES – Keberadaan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Brebes, diminta harus selalu menjadi solusi berbagai persoalan ekonomi yang terjadi di wilayah tersebut. Untuk itu,inovasi dan kreasi Kadin Brebes saat ini sudah ditunggu oleh masyarakat, dalam ikut mendongkrak kesejahteraan.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Kadin Provinsi Jawa Tengaj, Kukrit Suryo Wicaksono, usai melantik Dewan Pengurus Kadin Kabupaten Brebes, Kamis (12/3), di Pendapa Kabupaten Brebes. Dalam kegiatan itu, Indra Kusuma, mantan Bupati Brebes yang juga seorang pengusaha dilantik sebagai Ketua Kadin Kabupaten Brebes adalah Indra Kusuma. Pelantikan dihadiri langsung Bupati Brebes, Idza Priyanti dan Wakil Bupati Brebes, Narjo. Tak hanya itu, Ketua DPRD Kabupaten Brebes, Moh Taufiq dan Anggota Komisi VII DPR RI Paramitha Widya Kusuma juga ikut hadir. Termasuk, Sekda Pemkab Brebes Djoko Gunawan dan para pejabat di jajaran Pemkab Brebes.

Kukrit menegaskan, tugas Kadin yang pertama, selalu menjadi bagian solusi persoalan ekonomi di Brebes. Kemudian, menjadi mitra kerja Pemkab dalam mengatasi masalah ekonomi. Untuk itu, jangan berharap di Kadin pengurusnya akan dapat proyek atau dapat pekerjaan. Justru di Kadin merupakan tempat mengabdi dan mencurahkan pikiran untuk kesejahteraan masyarakat yang tidak ada kaitannya dengan APBD. “Jadi, jangan berharap di Kadin nanti dapat proyek atau pekerjaan. Kadin merupakan tempat mengabdi bagi masyarakat. Keberadaan Kadin ini harus selalu menjadi bagian solusi dalam persoalan ekonomi di Brebes,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Jateng pada 2023 ditargetkan sebesar 7 persen, dan Kadin siap mewujudkan terget tersebut. Meski ketika melihat di lapangan kondisi ekonomi saat ini sedang
melemah. Namun Kadin harus mampu mencari inovasi dan kreasi, sehingga target pertumbuhan ekonomi tersebut dapat tercapai. Apalagi saat ini keberadaan tol semakin mempermudah akses jalan, termasuk di Brebes. Hal itu merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi Kadin kedepan. “Kadin Jateng saat ini terus fokus untuk memajukan UMKM. Ini karena Jateng memiliki pelaku UMKM terbesar di Indonesia,” terangnya.

Bagi pengurus Kadin Brebes yang baru dilantik, lanjut dia, tentu harus bisa bersinergi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian. Apalagi, Brebes saat ini sudah ditetapkan sebagai Kawasan Industri. Kadin Brebes harus bisa menggaet atau mengajak orang sebanyak-banyaknya datang ke Brebes. Itu bisa dilakukan dengan membuat event-event pariwisata agar masyarakat mau datang ke Brebes. Ketika masyarakat sudah datang berwisata ke Brebes, maka akan menarik pedangang, termasuk para pelaku UMKM. Setelah itu, baru akan masuk invesatasi.

“Saya contohkan di Solo, di sana Solo Great Sell dan saat ini sudah menginjang tahun ke empat. Even ini melibatkan, pelaku pasar, UMKM, pengusaha mall. Bahkan, transaksi yang terjadi selama satu bulan mencapai Rp 650 miliar. Karya-karya Kadin di Brebes kita tunggu untuk memajukan dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Ketua Kadin Kabupaten Brebes, Indra Kusuma mengatakan, Kadin siap diikutkan dalam mambantu memecahkan persoalan-persoalan di Brebes, khususnya menyangkut ekonomi dan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Kadin sangat mendukung upaya Pemkab dalam memajukan kesejahteraan masyarakat. Pihaknya akan terus berupaya mendorong kemajuan UMKM di Brebes, khususnya yang mengangkut hasil bumi. Itu karena kondisi hasil bumi di Brebes sedang redup karena kesulitan memasarkan. “Kami siap ikut aktif dalam mambantu memecahkan persoalan ekonomi di Brebes ini, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, pihaknya yakin Kadin bisa bermitradengan Pemkab. Pihaknya berharap Kadin dapat berkiprah nyata dalam upaya meningkatkan perekonomian di Brebes, termasuk peningkatan UMKM. Pemkab Brebes juga siap mendukung Kadin dalam upaya peningkatan ekonomi di Brebes. “Kami juga meminta peran aktif Kadin dalam mensukseskan Kawasan Industri Brebes (KIB). Sehingga, banyak inverstor masuk ke Brebes. Pemkab juga akan mempercepat proses perizinan yang dibutuhkan para investor. Mari dorong bersama agar Brebes melalui KIB semakin maju dan bertumbuhan ekonominya bisa mencapai 7 persen,” pungkasnya.

(b.setiawan-red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.