Tolak Galian C, Enam Desa di Tonjong Siapkan Perdes

BUMIAYU– Enam desa di Kecamatan Tonjong menolak galian C di Sungai Pedes karena merusak lingkungan dan berdampak negatif bagi kelangsungan sektor pertanian.

Hal itu disampaikan Kades Karangjongkeng Abdul Mukhit usai dikukuhkan sebagai Ketua Paguyuban Kades Kecamatan Tonjong periode 2020-2026, Senin (9/3).

Enam desa yang menolak galian C itu adalah Karangjongkeng, Tanggeran, Purbayasa, Pepedan, Purwodadi dan Tonjong.”Bentuk penolakan terhadap galian C akan dituangkan dalam peraturan desa (Perdes),” kata kades

Menurutnya, penambangan pasir dan batu yang masif dan tidak terkontrol mengakibatkan dasar sungai menjadi turun sehingga air permukaan tidak bisa dialirkan ke saluran irigai. Akibatnya 1.500 hektare sawah di enam desa tidak memperoleh pasokan air irigasi yang optimal.”Di desa kami (Karangjongkeng) saja ada sekitar 400 hektare kesulitan air. Dalam setahun maksimal hanya dua kali tanam,” katanya.

Penolakan galian C melalui perdes, mendapat dukungan dari masyarakat dan petani. Lalu bagaimana dengan pekerja galian C? kades menegaskan bahwa mayoritas pekerja galian C merupakan warga pendatang.”Tentu kami akan melakukan pendekatan-pendekatan dan sosialisasi,” ujarnya.

Pada acara yang dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan Tonjong tersebut, Mukhit juga menyampaikan visi misi paguyuban kades. Diantaranya adalah komitmen menjalankan pemerintahan desa secara transaparan mboten ngapusi mboten korupsi. Kemudian mendorong peningkatan SDM kades untuk menciptakan tatanan pemerintahan desa yang profesional, efektif dan efisien dalam melayani masyarakat dan mensinergikan sekaligus mensukseskan program pemerintah daerah, provinsi dan pusat.

Camat Tonjong Cecep A Suganda mendukung visi misi paguyuban kades karena searah dengan program-program yang dilaksanakan pemerintah daerah. Paguyuban juga diharapkan menjadi wadah bertukar pikir kades untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam pembangunan,” ujarnya.(Teguh Tribowo/Red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.