SMAN I Brebes Juara Umum ”English Contest 2020”

* Tingkat Jateng dan Cirebon, Digelar PBI FKIP UPS Tegal

TEGAL – Pelajar SMAN di Kabupaten Brebes, kembali berjaya di ajang ketrampilan dan kemahiran berbahasa Inggris tingkat Jateng dan Cirebon, yang digelar Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal.

Hal itu dibuktikan dengan dua tahun berturut-turut, gelaran bertajuk ”English Contest”, yang memperebutkan Piala Rektor UPS Tegal, diraih pelajar dari daerah penghasil Bawang Merah dan Telur Asin tersebut.

FINAL CERDAS : Salah jenis lomba yang cukup menarik perhatian adalah, final cerdas cermat (Quicky Macky), yang mempertemukan pelajar sekolah favorit. Dari kiri ke kanan, Tim SMAN 1 Kota Tegal, Tim SMAN 2 Kota Tegal dan Tim SMAN 1 Brebes.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Tahun 2019, Juara Umum ajang tahunan itu diraih SMAN 2 Brebes. Tahun ini, piala bergilir, diraih kontingen pelajar SMAN 1 Brebes.

”Ini lomba bergengsi yang digelar tiap tahun oleh PBI UPS Tegal. Pesertanya pelajar SMA di Jateng dan Cirebon Jabar. Semua bersaing ketat menunjukkan kemampuan kemahiran dan ketrampilannya dalam berbahasa Inggris, untuk meraih yang terbaik,” terang Wakil Rektor I Bidang Akademik UPS Tegal Dr Ir Suyono MPi.

Pelajar SMAN 1 Brebes, yang beradu ketrampilan di semua jenis lomba yang disajikan panitia, hanya satu yang tak memperoleh juara. Yakni, di lomba ”Singing Competition”, atau lomba menyanyi.

Panitia English Contest 2020

Ketua Panitia English Contest 2020, Faiq Aziz mengatakan, ada sejumlah jenis lomba yang disajikan dalam ajang tersebut.

Yakni, Story Telling (Membawakan Cerita/Bercerita), News Reading (Membaca Berita), Spelling Bee (Mengeja), Singing Competition (Menyanyi), Speech Contest (Berpidato), dan Quicky Macky (Cerdas Cermat). Total pesertanya mencapai 304 pelajar.

Kunci Kemenangan

Menurut Ketua Panitia Faiq Aziz, kunci kemenangan yang diraih kontingen pelajar SMAN I Brebes, karena banyak meraih gelar juara. Yakni, sebgai juara pertama, juara ketiga dan juara harapan tiga dan satu. Sehingga skor yang diraihnya, cukup tinggi.

Pundi-pundi juara yang dikantongi pelajar sekolah tersebut, tercatat saat berlaga di Story Telling (Juara Harapan 3).

Kemudian News Reading, juara ketiga, Spelling Bee meraih Juara Pertama dan Juara Harapan Kedua. Lomba pidato atau Speech Contest menempati Juara Ketiga.

Kontingen pelajar Kota Bawang Merah itu, saat tampil di Spelling Bee, meraih dua gelar juara. Dua gelar juara di jenis lomba ”Mengeja” itu, juara pertama diraih atas nama Raihan Tegar Fajar dan juara harapan dua, diraih rekannya, Afni Atiyah Ramadhani.

Tim Cerdas Cermat sekolah tersebut, pun hampir meraih juara pertama. Sayangnya saat di final, masih kalah cepat dan tepat dari pesaingnya, dalam menjawab pertanyaan juri.

Juara pertama di lomba itu akhirnya di diraih Tim SMAN 1 Kota Tegal. Juara kedua Tim SMAN 2 Kota Tegal. Dua tim SMAN 1 Brebes, meraih Juara Ketiga dan Juara Harapan Pertama.

”Tahun ini English Contest sangat dinikmati peserta. Semoga kedepannya akan selalu begitu,” tandas Kaprodi PBI FKIP Yuvita MPd.(Riyono Toepra-red07)

Berikut Daftar Juara English Contest 2020

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.