Juara Pertama Karesidenan, Atha Maju ke Popda Jateng

* Satu-satunya Taekwondoin Tegal yang Lolos

PIAGAM JUARA : Taekwondoin Atha Ghazali Jaka Satria Pambudi (10), berpose bersama juara dua dan tiga, serta pelatih senior Taekwondo Kabupaten Pekalongan Khoirul Huda, usai menerima piagam penghargaan sebagai Juara Pertama Taekwondo Popda Tingkat Karesidenan Pekalongan, yang digelar di Kajen, Kabupaten Pekalongan, Kamis (27/2).

TEGAL – Taekwondoin Atha Ghazali Jaka Satria Pambudi (10), kembali menorehkan prestasi menggembirakan. Saat terjun di ajang Popda tingkat Karesidenan Pekalongan, dia meraih juara pertama.

Perjuangan taekwondoin yang masih duduk di Kelas V SD BIAS Assalam Kota Tegal itu, terbilang cukup berat. Tapi dia sudah diprediksi pelatihnya, bakal mampu mengatasi semua tantangan lawan-lawannya.

”Kalau melihat lawan-lawannya di kompetisi tingkat nasional lainnya, memang jauh lebih berat. Karena itulah saya optimis, Atha akan mampu juara di Popda Tingkat Karesidenan Pekalongan. Saya bersyukur Atha akhirnya mampu meraih juara pertama,” ucap pelatih (Sebeum) Taekwondoin Kota Tegal Pendi.

Saat final cabang olah raga Taekwondo Popda Tingkat Karesidenan Pekalongan yang digelar di Kajen, Kabupaten Pekalongan, Kamis (27/2), Atha mengalahkan taekwondoin Kabupaten Pemalang, Bhisma Dewa Bratha, dengan skor telak 25-3.

Kemenangan tersebut disambut gembira rekan-rekannya, pelatih dan orang tuanya yang mendampingi tiap kali dia berlaga.

Apalagi kemenangan itu menjadikannya, satu-satunya taekwondoin Kota Tegal yang lolos ke Popda Tingkat Jateng, mewakili Karesidenan Pekalongan.

Juara Nasional

Bila melihat perjalanan prestasi yang pernah diraih atlet bela diri tersebut, memang cukup menawan. Dia pernah meraih juara pertama di kejuaraan nasional.

Tepatnya di ajang ”Magelang Open Taekwondo Championship Walikota Cup VII”, kategori Under 38 Kg Pra Kadet Putra Kelas Festival, pada Juli tahun lalu.

Kejuaraan nasional bergengsi yang digelar di GOR Soeroto, Akmil, Magelang, Jumat (5/7/2019) hingga Minggu (7/7/2019), diikuti sekitar 1.600 taekwondoin dari berbagai daerah di tanah air.

Dengan mempertandingkan kategori Kyorugi (tanding) dan Poomsae (jurus). Kemudian Kelas Festival terdiri atas Pemula dan Prestasi, Tingkat Umur Pra Kadet, Kadet, Junior dan Senior.

”Kota Tegal mengirim 17 taekwondoin, dan semuanya mendapat medali. Dengan perincian, lima medali emas, lima medali perak dan tujuh medali perunggu,” terang salah seorang pelatih atau Sabaeum Nim (Instruktur Kepala) Tim Taekwondoin Kota Tegal, Pendi.

Atha Ghazali JSP masuk final, setelah di semifinal mengalahkan Caesar Harsakpa dari Pekalongan dengan skor 25-8. Saat final dia membabat lawannya yang bertubuh lebih tinggi dan kekar, Saka Putra dengan skor 26-16.

Di turnamen nasional sebelumnya, yakni ”Indonesian Youth and Sport (IYOS) 2018”, di GOR PP PON-POPKI Cibubur, Jakarta, Jumat (2/11/2018) hingga Minggu (4/11/2018), Atha juga meraih juara pertama.(Riyono Toepra-red07)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.