Lantik Kades, Bupati Idza Priyanti Sentil Transparansi Pengelolaan Dana Desa

BUMIAYU– Kucuran Dana Desa (DD) ke Kabupaten Brebes terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bupati Idza Priyanti meminta agar pengelolaannya semakin transparan dan akuntabel.

Hal itu disampaikan dalam pelantikan 36 kades terpilih di Lapangan Asri Kecamatan Bumiayu, Senin (17/2).”Jumlah anggaran DD untuk 292 desa di Kabupaten Brebes tahun 2020 ini sebesar Rp 495 miliar. Ini naik Rp 54 miliar dari tahun sebelumnya,” katanya.

Dana desa tersebut, lanjut bupati, harus dikelola secara transparan untuk pembangunan desa. Sebab, masih banyak laporan atau pengaduan dari masyarakat terkait dana desa.”Seperti tidak ada papan proyek kegiatan. Kemudian minimnya keterlibatan masyarakat,” kata bupati.

Menurut bupati, salah satu prinsip pengelolaan dana desa adalah transparansi. Artinya pemerintah desa membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi tentang pengelolaan keuangan desa, mulai dari tahapan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawabannya.”Pemerintah desa wajib mempublikasikan anggaran dan pemanfaatannya,” ujar bupati mengingatkan

Pada bagian yang lain, bupati meminta kades yang baru dilantik untuk belajar mengenai regulasi tentang penyelenggaran pemerintah desa. Kemudian segera menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Lalu yang tidak kalah penting adalah membangun sinergitas dengan lembaga desa dan seluruh elemen masyarakat.”Pilkades telah selesai. Rangkul semua masyarakat. Kalau semua bersinergi, program progam pembangunan di desa akan terlaksana dengan baik,” katanya.

36 kades terpilih yang dilantik merupakan hasil pilkades serentak tahap kedua tahun 2019. Mereka yang dilantik berasal dari enam kecamatan meliputi Bumiayu, Paguyangan, Tonjong, Sirampog, Bantarkawung dan Salem.(Teguh Tribowo/Red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.