Dua Alat Berat Dikerahkan DPU Brebes

- Tindak Lanjut Perintah Bupati

BREBES – Dua alat berat dikerahkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes, untuk melakukan pengerukan Sungai Sigeleng dan Saluran di Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Senin (17/2). Itu dilakukan sebagai tindaklanjut perintah Bupati Brebes, Idza Priyanti, saat merantau beberapat titik banjir di wilayah perkotaan, Minggu malam (17/2).

“Sebagai tindaklanjut perintah bupati, kami pagi ini mengerahkan dua alat berat. Satu untuk pengerukan di Sungai Sigeleng dan satu untuk di saluran Kaliwlingi,” ujar Kabid Cipta Karya DPU Kabupaten Brebes, Abdul Majid, Senin (17/2).

Dia mengatakan, bupati sebelumnya memerintahkan upaya pengerukan di Sungai Sigeleng, Kelurahan Limbangan Wetan, karena di beberapa titik mengalami pendangkalan. Langkah itu dilakukan untuk memperlancar aliran air pada saluran perkotaan yang masuk ke Sungai Sigeleng. Sehingga, banjir di wilayah perkotaan bisa ditangani. “Selain Sungai Sigeleng, saluran di Desa Kaliwlingi juga dikeruk menggunakan satu alat berat,” terangnya.

Sedangkan soal perintah pembongkaran bangunan liar di atas saluran, lanjut dia, pihaknya juga sudah menerjunkan tim untuk memgecek di Kelurahan Brebes. Di titik itu, sementara ada satu bangunan yang sudah siap dibongkar. “Untuk tahap awal, kami terjunkan tim ke Kelurahan Brebes dan ada satu bangunan yang akan dibongkar,” terangnya.

Sepertidiberitakan sebelumnya Bupati Brebes Idza Priyanti memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU), untuk membongkar bangunan liar yang berada di atas saluran drainase, di Kelurahan Pasarbatang dan beberapa titik di Kecamatan Brebes. Tindakan tegas itu dilakukan lantaran keberadaan bangunan liat tersebut menjadi pemicu terjadinya banjir di wilayah perkotaan. Perintah itu disampaikan Bupati saat memantau langsung kondisi banjir di beberapa titik di wilayahnya, Malam ini (16/2).

“Semua bangunan liar di atas saluran, harus di bongkar karena menjadi biang banjir di perkotaan,” tandas Bupati disela-sela kegiatannya.

(b.setiawan-red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.