Bupati Ajak Warga Sukseskan Sensus Penduduk 2020

MENYUKSESKAN: Bupati Tegal Umi Azizah dan Forkopimda Kabupaten Tegal siap menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

SLAWI- Bupati Tegal, Umi Azizah mengajak seluruh kepala /pimpinan Organisasi Perangkat Daerah/kementerian/lembaga, camat, lurah/kepala desa dan  warga Kabupaten Tegal ikut menyukseskan kegiatan Sensus Penduduk (SP) 2020.

Ajakan ini disampaikan bupati pada acara rapat koordinasi kabupaten (Rakorkab) Sensus Penduduk  2020 yang digelar BPS Kabupaten Tegal di Gedung Syailendra, Hotel Grand Dian Slawi, Senin (17/2).

Sebagai bentuk dukungan terhadap SP 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Pemkab Tegal   juga membuat Surat Edaran Bupati Tegal Nomor 474/439/2020 tanggal 27 Januari 2020.

Dalam Rakorkab yang diikuti Forkopimda,  kepala OPD dan camat, Umi Azizah  menyampaikan, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Peraturan baru ini diharapkan bisa mengatasi perbedaan data yang selama ini terjadi, termasuk data penduduk.

Selama ini, kata Umi, masyarakat mengenal data penduduk menurut BPS, data penduduk menurut Dinas Dukcapil dan data penduduk menurut instansi tertentu. Berbagai macam data penduduk tersebut tidak sama sehingga pengguna data mengalami kebingungan, mana data yang akan digunakan.

“Perencanaan pembangunan antar dinas dan instansi menjadi tidak sama karena perbedaan sumber data. Oleh karenanya, Sensus Penduduk 2020 ini merupakan momentum untuk menuju satu data kependudukan Indonesia,”sebutnya.

Umi mengatakan, sensus penduduk sangat penting untuk pemetaan ke depan, seperti pemetaan program pembangunan berkelanjutan. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mendapatkan distribusi penduduk dan karakteristiknya.

Berbeda dengan pelaksanaan sensus sebelumnya. Sensus penduduk 2020 ini menggunakan metode kombinasi, yaitu perpaduan metode konvensional dan metode berbasis registrasi dengan memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri sebagai data dasar sensus.

“Pelaksanaan Sensus Penduduk  2020 ini tentunya memiliki manfaat bagi siapapun. Bagi pemerintah, dunia usaha, peneliti akademisi, organisasi kemasyarakatan, jurnalistik dan banyak pihak lainnya,”imbuhnya.

Untuk menyukseskan SP 2020 dan menghasilkan data akurat,  bupati mengajak seluruh kepala OPD  pimpinan lembaga,  perusahaan, komunitas dan organisasi kemasyarakatan untuk memastikan para pegawai, karyawan, dan anggotanya sudah meng-update data kependudukkannya lewat Sensus Penduduk Online.

Kepala BPS Kabupaten Tegal, Jamaludin menyebutkan, sensus penduduk akan dilaksanakan dalam dua periode yaitu periode pertama  dilaksanakan Sensus Penduduk Online (SPO) dengan cara mengakses  website sensus.bps.go.id,  mulai 15 Februari – 31 Maret 2020 serta Sensus Penduduk Wawancara  (SPW) yang akan dilaksanakan pada tanggal  1-31 Juli 2020.

Pada acara tersebut, Jamaludin menjelaskan langkah-langkah pengisian SP 2020 secara online. Menurutnya ada 17 pertanyaan yang harus diisi warga.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono mengatakam, target capaian SP online di Kabupaten Tegal 124.688 kepala keluarga  atau 24 persen dari jumlah pemiliki kartu keluarga di Kabupaten Tegal sebanyak 517.442 KK (data Dinas Dukcapil per Juni 2019). Target setiap Rukun Tetangga adalah 20 KK. (Sari/Red-06)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.