Ngemplang Utang Fintech, Bisa Dipermalukan Lewat Handphone

PEMALANG – Masyarakat Kabupaten Pemalang dihimbau untuk berhati-hati dalam menggunakan teknologi internet khususnya fintech. Petugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Goni meminta agar masyarakat menghubungi OJK sebelum menggunakan jasa fintech.

 

“Banyak informasi bahwa di fintech kalau ada yang nggak bayar hutang maka akan dipermalukan melalui pesan pendek (SMS) ke nomor-nomor kontak yang ada di handphone pengguna jasa fintech,”kata Goni saat penyuluhan jasa keuangan bersama Komisi XI DPRRI di PT Perkebunan Nusantara IX Semugih, Moga, baru-baru ini.

 

Karena itu melalui penyuluhan lanjutnya dia akan menjelaskan bagaimana peran dan fungsi OJK. Salah satunya adalah melindungi masyarakat dari beroperasionalnya fintech-fintech ilegal.

 

Sementara itu anggota Komisi XI DPR, Hendrawan Supratikno menjelaskan bahwa OJK memiliki tugas pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan dan non perbankan, jasa keuangan di sektor pasar modal, asuransi, pensiun dan pembiayaan.

 

“Ini yang perlu diketahui oleh masyarakat sehingga penyuluhan jasa keuangan dengan pokok bahasan pelatihan manajemen keuangan sangat penting,”kata Hendrawan yang merupakan anggota DPR Fraksi PDIP dari daerah Pemilihan Pemalang, Batang, Kajen dan Pekalongan.

 

Dia menilai warga antusias sekali mengikuti pelatihan manajemen keuangan tersebut. Banyak peserta yang tak segan-segan menyampaikan pendapat dan mamanfaatkan sesi tanya jawab.

 

Hendrawan juga berpesan agar warga berhati-hati meminjamkan KTP sebab foto pindai KTP bisa disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab dengan cara diajukan hutang kepada fintech. Setelah mendapatkan uang selanjutnya orang tersebut ngemplang dan akhirnya yang menanggung hutannya adalah pemilik KTP.

 

Acara penyuluhan dibuka oleh Ketua DPRD Pemalang Agus Sukoco. Agus berpesan agar masyarakat mengikuti penyuluhan dengan baik dan menyerap materi yang disampaikan OJK dan Komisi XI DPR RI.(Ali Basarah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.