Menjadikan Universitas Unggul, Berwawasan Global

* Visi, Misi, dan Program Calon Rektor UPS Tegal

VISI MISI : Calon Rektor UPS Tegal yang tampil di sesi ketiga atau terakhir, Dr Mohamad Rizan SE MM, saat memaparkan visi, misi dan program kerjanya, dihadapan senat universitas, Selasa (11/2).(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-07)

TEGAL – Tiga calon Rektor Universitas Pancasakti (UPS) Tegal yang tampil dihadapan senat universitas, di Gedung Pertemuan Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP), Selasa (11/2), memaparkan visi, misi dan programnya, secara umum memiliki vokus bahasan yang hampir sama.

Meski dengan gaya penyampaian yang berbeda-beda, mereka sejatinya ingin, menjadikan universitas yang unggul, banyak program terobosan, berwawasan global, dan mencetak lulusan berkualitas.

Pertanyaan kritis dan tajam, juga meluncur, antara lain, dari salah seorang anggota senat universitas, Dr Yayat Hidayat Amir MPd dan Ketua Senat Universitas Dr Fajar Ari Sudewo SH MH.

Bahkan, calon rektor juga diuji kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Karena Dr Yoha Prihatin MPd mengayunkan pertanyaan dengan bahasa internasional itu, dan berharap dijawab dengan bahasa yang sama.

Calon Rektor UPS Tegal Dr Agus Sahri ATD

”Ini memang benar-benar sajian yang menarik, pertanyaannya juga cukup kritis dan tajam. Tiga calon rektor ini, memang mendapatkan ujian yang tak terduga,” ucap pemandu kegiatan itu, Diryo Suparto SSos MSi.

Di sesi pertama, yang diisi calon rektor Prof Dr Fakhruddin MPd. Mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes), periode 2015-2019, merangkum visi, misi dan programnya dengan sajian cukup menarik.

Salah seorang anggota senat universitas, yang juga pakar pendidikan Dr Yayat Hidayat Amir MPd, pun langsung menyentil dengan pertanyaan cukup menarik.

Antara lain, soal banyaknya program dari calon tersebut, yang harus dibuktikan atau ditindaklanjuti dengan aksi nyata.

Dosen di Politeknik Keselamatan Jalan dan Transportasi (PKJT) atau Poltran Tegal,
Dr Agus Sahri ATD, yang tampik di sesi kedua, juga dihujani banyak pertanyaan kritis berkait upaya menjadikan UPS Tegal dapat memiliki keunggulan yang khas.

Ingin Beribadah

Saat diminta menyimpulkan, visi, misi dan program kerjanya, Agus Sahri secara singkat mengatakan, jika kelak dipercaya menjadi rektor perguruan tinggi itu, dia hanya ingin beribadah.

Hal menarik, disajikan pakar ekomomi yang pernah menjabat Kaprodi Manajemen FE Universitas Negeri Jakarta, Dr Mohamad Rizan SE MM. Calon rektor yang tampil di sesi ketiga, menyodorkan sesuatu yang cukup menarik.

Dia berkeinginan, dalam program kerjanya, menjadikan UPS Tegal masuk peringkat 100 Webometric Nasional dan Sinta Ristekdikti. Hingga membuat rintisan program doktoral. Bila kelak dipercaya menjadi rektor di perguruan tinggi tersebut.

”Karena itulah, fasilitas komputernya perlu ditingkatkan, brandwide-nya diperkuat, dan website-nya dibuat lebih menarik, dan mudah diakses. Hingga banyak orang akan mudah mengenal perguruan tinggi ini,” ucap dia.

Sebelumnya, dia juga mengkritisi upaya program kerjasama dengan pihak swasta atau perbankan. Jika hanya berupa selembar kertas berupa memorandum of understanding (MoU), dinilainya masih kurang greget.

Dia mencontohkan, bila ada kerjasama dengan perbankan, hendaknya bisa benar-benar dapat memberi nilai tambah bagi kemajuan perguruan tinggi bersangkutan.

Antara lain, laboratorium apa yang dapat dibangun bank dimaksud untuk perguruan tingginya.

Program kerja itu, menarik perhatian Ketua Senat Universitas Dr Fajar Ari Sudewo SH MH yang juga Wakil Rektor III UPS Tegal.

Dia kurang yakin, program kerja tersebut dapat tercapai. Karena membutuhkan waktu lama dan dana tak sedikit.

Apalagi sebagian besar pendanaan perguruan tinggi swasta banyak berasal dari jumlah mahasiswanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Rektor UPS Tegal Dr Ahmad Hanfan SE MM mengatakan, semua paparan ketiga calon rektor akan ada skor atau nilainya yang diberikan seluruh anggota senat.

”Siapa nanti yang mengantongi skor tertinggi, akan kami umumkan pada Senin 17 Februari ini,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.