Dedy Yon Ajak Masyarakat Teladani Almarhum KH Sulaiman

TEGAL – Hadir dalam Khaul KH Sulaiman bin KH Ishaq yang ke-26 di Kelurahan Keturen, Kecamatan Tegal Selatan, Minggu (9/2) siang, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengajak jemaah, warga masyarakat untuk meneladani kiprah almarhum semasa hidup.

“Ajaran para ulama, telah terbukti darma baktinya. Upaya kita untuk mengenang, hanya bisa dengan meneladani beliau yang telah mendahului,” katanya.

Dedy Yon menyampaikan, peringatan khaul bukan berarti mengkultuskan individu. Namun, lebih kepada upaya untuk mengenang, meneladani para ulama maupun tokoh yang telah tiada.  Dengan peringatan khaul ini, menjadi upaya untuk mencoba mengingat kembali akan jasa-jasa yang telah diberikan.

Menurutnya, bukti nyata kiprah Almarhum KH Sulaiman, masih bisa dilihat dari berdirinya lembaga pendidikan islam serta dakwah islamiyah yang dirintis. Dimana saat ini, perjuangan almarhum masih terus dilanjutkan oleh putra dan keturunannya.

“Ini bukti bahwa tali perjuangan yang beliau rentangkan tidak terputus. Keikhlasan beliau dalam memperjuangkan agama patut dicontoh. Sepi ing pamrih, rame ing gawe,” tegas Dedy.

Sementara itu, putra kelima Almarhum KH Sulaiman, Ustaz Abdul Hadi mengatakan, ayahnya merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang lahir pada 31 Agustus 1930. Dengan latar belakang pendidikan Madrasah Aliyah (MA) di Pondok Pesantren Kaliwungu, Kendal, KH Sulaiman juga pernah menjadi santri di MDA, Pondok Pesantren KH Mukhlas, Panggung, Kota Tegal.

Perlu diketahui, KH Sulaiman merupakan pendiri MI Nurul Huda, Kelurahan Keturen pada tahun 1962, pendiri Madrasah Diniah Awaliyah (MDA) Nurul Huda Keturen 1963, pendiri Jamiah Nurul Huda, Keturen 1963, pengurus Cabang NU Kabupaten Tegal tahun 1977 (Kecamatan Sumurpanggang) hingga 1988.

“Abah merupakan pendiri SMA NU Tegal tahun 1988. Bersama para sahabatnya, beliau akhirnya menjadi pengurus NU Kota Tegal sejak 1989 hingga wafat pada Minggu, 14 Oktober 1994,” tutupnya. (haikal/red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.