Warga Cikeusal Lor dan TNI Perkuat Tanggul Sungai Babakan

- Meski Sudah Diperbaiki, Warga Khawatir Jebol

Anggota TNI bersama warga di Desa Cikeusal Lor, Kecamatan Ketanggungan, Brebes melakukan perkuatan tanggul Sungai Babakan, dengan karung yang diisi tanah. (SMpantura.com/ b.setiawan)

BREBES – Ratusan warga di Desa Cikeusal Lor, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes bersama anggota TNI Kodim 0713 Brebes, Jumat (7/2), bergotong royong melakukan perkuatan kondisi tanggul Sungai
Babakan, yang melintasi wilayah tersebut. Itu dilakukan lantaran mereka khawatir musibah banjir akibat tanggul jebol, yang melanda desanya pada awal Januari lalu akan terulang.

Perkuatan kondisi tanggul dilakukan dengan menggunakan karung diisi tanah. Bahkan, satu alat berat ikut diterjunkan dalam proses penguatan tanggul sungai tersebut. Sebelumnya, kondisi tanggul yang jebol sudah diperbaiki dengan alat berat. Namun warga masih khawatir atas kondisi tanggul tersebut, sehingga diperkuat.

Danramil 15 Ketanggungan Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri, Sugeng Wiratno mengatakan, lebih dari seratus warga ikut membantu proses penguatan tanggul tersebut. Rencananya, proses penguatan tanggul
dilakukan dengan memasang sekitar 7.000 karung berukuran besar yang sebelumnya diisi tanah. Perkuatan tanggul itu difokuskan pada titik-titik yang dinilai rawan.

“Untuk hari ini, kami bersama warga sudah memasang sebanyak 2.000 karung bagi perkuatan tanggul. Tergetnya, ada 7.000 karung yang akan kami
pasang. Untuk mempercepat proses, kami juga dibantu satu alat berat,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam musibah banjir yang terjadi awal Januari lalu, sebanyak tiga titik tanggul di Desa Cikeusal Lor jebol. Meski saat ini telah diperbaiki oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), tetapi warga masih merasa khawatir. Sehingga, mereka turun untuk memperkuat konstruksi
tanggul. Hal itu menginggat intensitas hujan saat ini terus meningkat.

“Kegiatan ini kami gelar dalam rangka karya bakti TNI, sebagai salah satu upaya mengantisipasi banjir akibat tanggul jebol tidak terulang,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 8 Januari 2020, banjir melanda lima desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Banjir terjadi akibat jebolnya tanggul di sejumlah titik. Kelima desa itu meliputi Sindangjaya, Pamedaran, Cikeusal Lor, Ketanggungan dan Karangmalang.

(b.setiawan-red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.