4.265 Pendaftar CPNS Pemkot Pekalongan Akan Ikuti Tes SKD

MENJELASKAN: Wali Kota Mochammad Saelany Machfudz menjelaskan proses penerimaan CPNS Pemkot Pekalongan pada talkshow di Ruang Comment Center Setda, Jumat (7/2). Foto: SMPantura/Isnawati
  • Wali Kota Berharap Hasilkan CPNS Terbaik

PEKALONGAN-Sebanyak 4.265 pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Senin (10/2) hingga Selasa (11/2) pekan depan. Mereka akan memperebutkan 207 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Pekalongan Budiyanto menjelaskan, pada penerimaan CPNS tahun 2020, Pemkot Pekalongan membuka 207 formasi. Terdiri dari 55 orang tenaga kesehatan, 44 orang tenaga pendidikan/ guru dan 108 orang tenaga teknis.

Dijelaskan dia, jumlah pendaftar CPNS Pemkot Pekalongan sebanyak 4.711. Dari jumlah tersebut, yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes SKD sebanyak 4.267 orang. “Namun yang ikut SKD 4.265 orang. Dua orang P1/TL memilih tidak ikut ujian,” terangnya di sela-sela Talkshow Penerimaan CPNS Pemkot Pekalongan di  Ruang Comment Center Setda, Jumat (7/2).

Menurutnya, tes dilaksanakan secara mandiri di Udinus menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Dalam pelaksanaan tes ini, Pemkot Pekalongan bekerja sama dengan enam kabupaten/kota di Jawa Tengah. Yakni Kabupaten Batang, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Wonosobo.

Dengan sistem CAT, penerimaan CPNS sangat transparan. Karena hasil tes dapat segera dilihat secara terbuka setelah peserta melaksanakan tes. “Udinus dipilih karena berpengalaman melaksanakan tes penerimaan CPNS serta sarana dan prasarananya sangat memadai,” sambungnya.

Wali Kota Mochammad Saelany Machfudz bersyukur Pemkot Pekalongan mendapat kuota CPNS  2020 sebanyak 207. Meskipun, kuota tersebut masih jauh dari kebutuhan PNS di Pemkot Pekalongan. “Tahun ini, Pemkot Pekalongan mendapat alokasi 207. Ini harus disyukuri betul, meskipun masih jauh dari kebutuhan,” terangnya.

Menurutnya, penerimaan CPNS ini merupakan kesempatan terbaik bagi anak-anak muda yang membutuhkan pekerjaan dan ingin meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Ia berharap, tes CPNS tersebut menghasilkan CPNS terbaik untuk Kota Pekalongan. “Yang mendaftar sampai 4.711 orang, ini cukup fantasistik. Setiap peserta harus siap bertarung untuk mendapatkan yang terbaik. Semoga menghasilkan yang terbaik untuk Kota Pekalongan,” paparnya.

Sekda Sri Ruminingsih menambahkan, Pemkot Pekalongan telah menyiapkan berbagai keperluan terkait penerimaan CPNS Pemkot Pekalongan. Mulai dari anggaran, administrasi, koordinasi dan penyiapan tempat tes serta persiapan jika mereka sudah diterima nanti.

“Kami sudah mempersiapkan semuanya, termasuk menyiapkan pendanaan untuk gajinya. Karena perkiraan April sudah akan pengangkatan,” paparnya. Ia berharap, penerimaan CPNS tersebut menghasilkan yang terbaik untuk Kota Pekalongan. “Harapannya bisa menghasilkan yang terbaik sehingga akan semakin menguatkan pembangunan di Kota Pekalongan,” harapnya. (Isna/Red7)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.