Waspada Virus Corona, RSUD Dr Soeselo Siapkan Ruang Isolasi

ISOLASI: RSUD dr Soeselo Slawi, Kabupaten Tegal menyiapkan ruang isolasi bagi pasien terduga virus Corona. Untuk menangani pasien, rumah sakit membentuk tim yang dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

SLAWI-Antisipasi  virus Corona, RSUD dr Soeselo Slawi , Kabupaten Tegal menyiapkan sejumlah ruang isolasi bagi pasien terduga  virus  Corona.

Direktur RSUD d Soeselo Slawi, dr Guntur Muhammad Taqwin SpAn menyatakan kesiapan pihak rumah sakit menerima pasien terduga virus Corona.

“RSUD dr Soeselo ditunjuk Dinas Kesehatan Provinsi Jateng sebagai rujukan regional Pantura Barat ,”jelas Guntur, Jumat (31/1).

Rumah sakit yang berada di Jalan dr Soetomo Nomor 63 Slawi ini telah menyiapkan sejumlah ruang isolasi antara lain satu ruang di IGD, dua ruang di bangsal dan dua ruang di ICU. Ruang isolasi dilengkapi dengan ventilator dan obat-obatan emergency juga alat pelindung diri (APD).

Menurut Guntur, rumah sakit juga membentuk tim khusus yang terdiri atas sejumlah dokter spesialis,  diantarantaranya  dokter  paru, penyakit dalam,anak, THT.

Selain itu menyiapkan tiga ruang isolasi tekanan negatif, yang diketuai oleh dr Irpan SpP.

Berkaitan dengan kewaspadaan terhadap virus Corona,  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal melakukan surveilans tetap terutama pada pendatang dari luar negeri. Tak hanya itu, kasus-kasus penyakit tertentu, yang memiliki gejala seperti penyakit yang disebabkan Novel Corona Virus  (N-CoV).

Kepala Dinas Kesehatan Hendadi Setiadji melalui Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Eko BP Prabowo mengatakan, pemeriksaan intensif dilakukan petugas di Puskesmas terhadap pasien yang memiliki gejala flu.  “Anamnesanya akan lebih lengkap,”tutur Eko.

Dinkes juga membuat surat edaran  tentang kesiapsiagaan menghadapi infeksi Novel Coronavirus yang ditujukan kepada Puskesmas, rumah sakit dan instansi terkait.

Dalam kesempatan itu, dia mengimbau masyarakat sedini mungkin mengenali gejala-gejala penyakit yang diakibatkan virus Corona, seperti demam, batuk, pilek, sakit perut,  sesak napas, sakit tenggorokan dan  pusing.(Sari/Red-06)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.