Lagi, Dear Temukan Warga Miskin Tak Terdaftar di BPJS PBI

TUNJUKAN KTP : Mbah Saudi warga RT 2 RW 1 Desa Songgom Lor, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, menujukan KTP miliknya, baru-baru ini. (SMpantura/Dok)

TEGAL – Anggota DPR RI, Dewi Aryani menemukan warga miskin, Saudi (70) warga RT 2 RW 1 Desa Songgom Lor, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, baru-baru ini. Mbah Saudi yang tinggal di gubuk berukuran 3X4 meter di lahan Makam Depok di Desa Songgom Lor itu, tidak masuk dalam daftar penerima Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Sekdes Songgom Lor, Hasyim Asyari membenarkan bahwa yang bersangkutan belum mendapat bantuan apapun sampai saat ini,” kata Dewi Aryani yang duduk di Komisi IX saat ditemui di Kota Tegal, baru-baru ini.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jateng yang meliputi wilayah Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal itu, juga tidak masuk dalam program Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan program pemerintah lainnya. Padahal, kondisi Mbah Saudi sangat memprihatinkan.

“Gubuk seluas 3×4 meter dari kayu yang dikelilingi plastik terpal. Bagian atap ditutup asbes bekas, sedangkan lantai rumah masih berupa tanah,” terang Dewi Aryani yang akrab disapa Dear itu.

Politisi PDI Perjuangan itu meminta Pemkab Brebes tanggap terhadap warganya yang jelas-jelas masuk ketegori miskin. Ia juga meminta segera melakukan penelusuran kenapa yang bersangkutan bisa terlewati tidak masuk dalam penerima bansos kesehatan maupun lainnya. Padahal, Mbah Saudi memiliki KTP dan Kartu Keluarga.

“Jangan sampai program bantuan untuk warga miskin dari pemerintah banyak yang tidak tepat sasaran. Ini baru 1 contoh kasus, ke depan akan kita telusuri bersama Dinsos, Dinkes dan dinas terkait lainnya supaya warga miskin mendapat haknya dan warga mampu dihapus saja,” tandas Dear. (Wiwit-red03)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.