Februari, Merdeka Billiar Gelar Kejuaraan Internasional

- Pebilliar Luar Negeri Siap Datang

PEKALONGAN – Bulan Februari, di Kota Pekalongan bakal digelar kejuaraan billiar tingkat internasional, tepatnya di Merdeka Billiar, Jalan Kurinci No 168, Podosugih, Pekalongan Barat. Adapun pelaksanaannya berlangsung selama enam hari, mulai 24 – 29 Januari dan event Merdeka Cup yang bertajuk ”Xingjue Open” berhdiah total Rp 500 juta. Sesuai dengan tema kejuaraan, maka pebilliar dunia, nasional, maupun daerah bakal ikut dan meramaikannya serta berebut menjadi yang terbaik.
Sehari sebelum kejuaraan diselenggarakan, Ketua POBSI Jawa Tengah Periode 2019 – 2023, Willyanto dan kepengurusannya dilantik. Dalam pelantikan ini, diagendakan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (PB POBSI), Hary Tanoesoedibjo bakal hadir.
”Ketua PB POBSI nantinya juga berkesempatan membuka kejuaraan ini dan menyaksikan langsung atlet biliiar Indonesia bertanding,” ujar Willyanto yang juga sebagai owner dari Merdeka Billiar Pekalongan.
Menyinggung soal pendaftaran peserta, sudah dimulai awal januari dan ditutup dua hari sebelum kejuaraan berlangsung yakni tanggal 21 Februari. Kemudian pemain asing yang sudah mendaftarkan diri adalah dari Singapore, Malaysia, Vietnam, Philippine, Brunei, Taiwan, Inggris, dan Perancis. Bagi masyarakat Kota Batik yang ingin menyaksikan pakar-pakar billiar bertanding tidak perlu bingung soal biaya karena tidak dipungut biaya.
Selanjutnya dijelaskan, selama ini, cabang olahraga billiar boleh dibilang sebagai salah satu tulang punggung olahraga di Jawa Tengah dan Kota Pekalongan. Sejumlah atletnya seperti Ricky dan Yoni Rahmanto merupakan pebiliar yang mewakili Indonesia di sejumlah kejuaraan dunia dan raihan prestasinya cukup bagus. Sebagai Ketua POBSI Jateng, Willy, begitu dia akrab disapa ingin semakin menggairahkan olahraga ini di semua kalangan, termasuk pelajar.
Makanya dia berani menyelenggarakan event olahraga bertaraf internasional di Kota Batik supaya lebih diminati masyarakat. Sebab selama ini, olahraga billiar masih ada yang memandang ”miring” dan mendiskriminasi sebagai salah satu kegiatan negatif. Arena billiar harus berada di ruang AC, namun demikian fasilitas tersebut jangan dipandang sebagai tempat hiburan.
Cabang ini merupakan murni olahraga, yakni membutuhkan stamina maupun teknik yang bagus, seperti cabang olahraga lainnya. Kemudian billiar juga salah satu bagian dan menginduk ke KONI, mulai pusat hingga di tingkat paling bawah yakni daerah. Bahkan Billiar Merdeka Kota Pekalongan merupakan tempat berkumpulnya para atlet billiar di seluruh Jawa Tengah selama menjalani Pemusatan Latihan Derah (Pelatda).
Selanjutnya dijelaskan, dalam rangka mementahkan imaje buruk terhadap olahraga ini, POBSI Jateng pada umumnya dan khususnya Kota Pekalongan bakal menggandeng Dinas Pendidikan setempat. Dalam hal ini, pihaknya ingin menyosialisasikan billiar ke kalangan pelajar sebagai salah satu pelajaran ekstra kulikuler.
”Jangan khawatir soal intruktur, karena dua atlet kami yakni Ricky Yang dan Yoni siap melatih mereka,” tandas Willy. (achid nugroho/R8- )

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.