Bupati Tegal Apresiasi Kinerja AKBP Dwi Agus Prianto

0 112

SLAWI-Bupati Tegal , Umi Azizah mengapresiasi dedikasi dan pengabdian AKBP Dwi Agus Prianto selama menjabat sebagai Kapolres Tegal.  Selama 22 bulan menjabat Kapolres Tegal,  Dwi Agus telah banyak membantu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di tahun politik tahun lalu.

Pelaksanaan pesta demokrasi mulai dari Pemilihan Kepala Daerah di tahun 2018 dilanjutkan dengan penyelenggaraan Pemilu 2019, termasuk pemilihan presiden di dalamnya hingga Pilkades Serentak Kabupaten Tegal berlangsung dengan aman, lancar, damai dan kondusif.

“Pesta demokrasi di Kabupaten Tegal semuanya berjalan dengan baik, lancar tanpa ada gangguan yang berarti. Ini karena prestasi dan kinerja dari institusi kepolisian,” kata Umi pada acara Kenal Pamit Kapolres Tegal di Pendapa Amangkurat Kabupaten Tegal, Rabu (15/1) malam.

Hal tersebut, lanjut Umi,  adalah upaya Dwi Agus dalam membangun kepercayaan publik melalui layanan kepolisian yang semakin terbuka, profesional dan modern.

Umi menyebutkan, di bawah pimpinan Dwi Agus,  jajaran kepolisian juga sangat proaktif dalam membantu menyelesaikan persoalan di masyarakat seperti pemberian air bersih di desa-desa yang mengalami kekeringan, menyediakan tenda darurat sebagai ruang belajar siswa SD di Dukuhwaru akibat diterjang angin puting beliung. Demikian juga saat terjadi kebakaran hutan di lereng Gunung Slamet.

“Pak Dwi Agus dengan sigap menerjunkan anggotanya untuk serta memadamkan api disana. Beberapa kali juga kita menggelar operasi gabungan untuk mencegah penyakit di masyarakat, hingga Satgas Pangan saat menjelang tahun baru,” pungkasnya.

Terobosan di bidang pelayanan masyarakat juga dilakukan dengan hadirnya aplikasi android SiPoci SiPoci adalah layanan Polres Tegal dalam menangani pengaduan, gangguan keamanan hingga kriminalitas di masyarakat.

Setelah mengabdi selama 22 bulan di bumi Galawi, Kapolres Tegal ke-33 itu, dipercaya menjabat Wakil Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto. Jabatan Kapolres Tegal kini dijabat oleh AKBP Muhammad Iqbal Simatupang.  Iqbal Simatupang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.

Pada acara yang dihadiri Forkopimdadan tamu undangan dari berbagai elemen masyarakat , Dwi Agus menyampaikan, dirinya tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik tanpa  dukungan dari masyarakat Kabupaten Tegal.

Dwi Agus menyebutkan, sebagai Kapolres Tegal dia menjumpai lima kali pemilihan, mulai Pilkades , pemilihan  Bupati, pemilihan Gubernur, DPRD dan Presiden.

“Mungkin rekor saya di Polres Tegal sulit dipecahkan.Karena saya Kapolres yang mengalami lima kali election (pemilihan). Mulai Pilkades , pemilihan  Bupati, pemilihan Gubernur, DPRD dan Presiden. Lengkap dalam satu kali masa jabatan,”sebutnya.

Hal yang tak bisa dilupakan adalah anggotanya yang sedikit sekali. Tanpa bantuan dan kerjasama  masyarakat Kabupaten Tegal dan TNI,  dirinya tak akan bisa mengamankan Pilkades.

Pada kesemptan itu, Dwi Agus menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu, KPU, para kiai yang mendukung Tegal damai.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tegal dan Ketua DPRD Kabupaten Tegal, yang telah mengalokasikan anggaran hibah senilai Rp 1 miliar untuk mendukung tugas operasional Polres Tegal. Anggaan tersebut telah dibelanjakan jenset .

“Salah satu kendala kami adalah jenset. Saat litrik matim pelayanan pelaporan terkendala. Alhamdulilah sekarang 18 Polsek sudah memiliki jenset,”sebutnya.

Pemkab Tegal juga telah membantu pengurugan tanah yang akan dipakai untuk membangun Mapolsek Pangkah, dan sertifikat telah diberikan pada Polres Tegal. Mapolsek Pangkah saat ini masih menempati lahan milik PG Pangka.

Dwi Agus didampingi istri, Dewi Dwi Agus, menceritakan, dirinya menjadi Waka SPN mungkin dari nadzar ibunya. “Ibu saya guru SD, ingin jadi wakil kepala sekolah waktu itu. Tapi sampai beliau wafat belum terkabul. Saya anaknya polisi, bisa menjadi wakil kepala sekolah. Saya juga tidak menyangka,”tutur Dwi Agus.

Sementara itu, AKBP Muhammad Iqbal Simatupang dalam sambutannya, berharap adanya kerjasama dari semua pihak baik Pemda, TNI maupun instansi lainnya.

“Saya siap mendukung Pemda dalam hal memajukan daerah. Saya siap bersinergi dengan TNI dan seluruh instansi di Kabupaten Tegal. Saya juga akan meningkatkan dan mengoptimalkan lagi pelayanan masyarakat,” tutur Iqbal didampingi istri, Lely Iqbal. (Sari/Red-06)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.